Hujan Deras, Belasan Pohon di Bandung Tumbang

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Hiru Muhammad

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Bandung, Kamis (21/10) sore menyebabkan sejumlah pohon tumbang di beberapa titik. Terdapat kendaraan milik warga yang rusak akibat tertimpa pohon tumbang dan sempat menutupi jalan bagi para pengendara.
Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Bandung, Kamis (21/10) sore menyebabkan sejumlah pohon tumbang di beberapa titik. Terdapat kendaraan milik warga yang rusak akibat tertimpa pohon tumbang dan sempat menutupi jalan bagi para pengendara. | Foto: istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Bandung, Kamis (21/10) sore menyebabkan sejumlah pohon tumbang di beberapa titik. Terdapat kendaraan milik warga yang rusak akibat tertimpa pohon tumbang dan sempat menutupi jalan bagi para pengendara.

Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, Roslina mengatakan beberapa lokasi pohon tumbang berada di Kelurahan Cimencrang Gedebage. Selanjutnya di Jalan Arcamanik, Jalan Palasari dan Jalan Dago.

"Yang Gedebage pohon setinggi 20 meter diameter 70 cm menimpa pick up yang sedang terparkir," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (21/10). Sedangkan pohon tumbang di Arcamanik ditangani oleh petugas pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana.

Ia menuturkan, penanganan pohon tumbang di Jalan Palasari ditangani oleh Kecamatan Lengkong. Pihaknya terus mengawasi potensi pohon tumbang di musim hujan yang mulai berlangsung.

Sebelumnya, Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu menambahkan awal musim hujan di wilayah Bandung Raya di mulai pada akhir Oktober mendatang. Sedangkan puncak musim hujan diprediksi akan terjadi pada bulan Januari tahun 2022. 

"Musim hujan untuk wilayah Bandung Raya sendiri diprediksi akan di mulai pada akhir dasarian II Oktober 2021 sedangkan puncak musim hujan diprediksi akan terjadi pada bulan Januari 2022," ujarnya.

Ia menuturkan saat ini Bandung Raya sudah memasuki musim peralihan pada September hingga awal Oktober 2021. Kondisi curah hujan musim peralihan diprediksi akan mengalami peningkatan dan akan meningkatkan potensi bencana di wilayah Bandung Raya.

Selanjutnya, Bandung Raya yang berada di wilayah Cekungan Bandung memiliki potensi bencana seperti banjir, tanah longsor. Selain itu, masih terdapat potensi bencana lainnya seperti hujan es, angin kencang dan puting beliung.

 

 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...

Terkait


Musim Hujan, BPBD Sukabumi Petakan Kawasan Rawan Bencana

Kota Bandung Masuk Level 2

Hampir 20 Persen Wilayah Indonesia Telah Alami Musim Hujan

Suhu Muka Air Laut Ada Anomali, Bersiap La-Nina Terjadi Lagi

Pemkot Jakarta Barat Imbau Warga Antisipasi DBD

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image