Kamis 21 Oct 2021 12:52 WIB

Pemerintah Diminta Jaga Warisan Budaya dan Adat

Pemerintah berkewajiban menjaga warisan budaya dan adat.

Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan, saat mengunjungi Istana Maimun, Kamis (21/10)
Foto: istimewa/doc humas
Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan, saat mengunjungi Istana Maimun, Kamis (21/10)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meminta budaya dan adat dijaga dan dilestarikan. Pemerintah berkewajiban menjaga warisan budaya dan adat.

Permintaan ini disampaikan saat politikus yang biasa disapa Zulhas ini melakukan kunjungan ke Medan, Sumatea Utara, Kamis (21/10). Saat mengunjungi istana Maimun, Kesultanan Deli, Zulhas langsung disambut tarian adat Melayu Deli  dan disematkan Tengkuluk khas kesultanan Deli.

“Alhamdulillah saya bisa mengunjungi Istana Maimun, ini warisan adat dan budaya yang luar biasa. Harus kita jaga dan lestarikan bersama,” kata Zulhas seperti siaran pers yang dikeluarkan Humas DPP PAN, Kamis (21/10).

Zulhas mengatakan pemerintah berkewajiban untuk menjaga warisan adat dan budaya seperti Istana Maimun. Harapannya banyak generasi muda yang bisa belajar dan mengambil inspirasi dari sejarah. “Saya akan komunikasikan. Tempat-tempat seperti ini perlu dirawat dengan baik, Keraton Jogja, Keraton Solo juga bagus. Masyarakat perlu diajak mengunjungi,” ungkap dia.

Perwakilan keluarga Kesultanan Deli mengajak Ketum PAN itu berkeliling mengunjungi kompleks istana. Zulhas diperkenalkan berbagai khazanah peninggalan Kesultanan Deli. “Sejauh ini kami dibantu baik Pemerintah Kota dan Provinsi, tetapi mudah-mudahan bisa mendapat bantuan lebih untuk menjaga warisan adat dan budaya ini. Utamanya untuk perawatan. Beberapa keluarga kesultanan masih tinggal di sini,” kata Wahyu yang juga berprofesi sebagai tour guide.

Selain mengunjungi istana Maimun, kedatangan Zulhas ke Medan juga untuk melakukan sejumlah kegiatan. Di antaranya konsolidasi kader PAN Sumatera Utara, serta pelantikan pengurus wilayah Ikatan Alumni Rasimen Mahasiswa (IARMI). Zulhas saat ini posisinya adalah Ketua Dewan Pembina IARMI.

Dalam kunjungannya ke Medan kali ini, Zulhas ditemani rombongan dari DPP PAN dan sejumlah anggota DPR RI dari Fraksi PAN. Di antaranya Ketua Fraksi Saleh Daulay dan Anggota Komisi X Prof. Zainuddin Maliki.

Zulhas dijadwalkan berada di Medan hingga Jumat (22/10) dan akan bertemu dengan Gubernur Sumut Eddy Rahmayadi serta Walikota Medan Bobby Nasution.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement