Rabu 20 Oct 2021 20:40 WIB

Ponpes Ta'mirul Islam Rutin Selenggarakan Perkemahan

Membentuk santri aktif, rekreatif dan inovatif

Kegiatan senam pagi pada Perkemahan Kamis Jumat (Perkajum) Ponpes Ta'mirul Islam, Surakarta.
Foto: Pondok Pesantren Ta'mirul Islam
Kegiatan senam pagi pada Perkemahan Kamis Jumat (Perkajum) Ponpes Ta'mirul Islam, Surakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,SURAKARTA-- Guna menanamkan jiwa ‘Cinta Alam’ pada santrinya, secara rutin  Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta selalu mengadakan acara Perkemahan Kamis-Jumat (Perkajum). Berbeda dengan perkajum sebelumnya kali ini waktu pelaksanaan kali ini lebih panjang dimulai dari hari Rabu siang sampai Jumat pagi beberapa waktu lalu.

Hal ini disebabkan karena ditiadakannya perkemahan serentak yang biasanya diadakan seluruh santri karena kondisi pandemi. Salah satu pengasuh Pondok Pesantren Ta'mirul Islam Ustaz Wazir Tamami, SH dalam siaran pers yang diterima Republika, mengungkapkan, bumi perkemahan yang dipilih untuk pelaksanaan perkajum pertama pada semester I ini adalah di komplek  PP Ta’mirul Islam kampus Masaran, Sragen.

Dikatakan Tamam, Pondok Pesantren Ta’mirul Islam sejak berdiri sudah menjadikan pramuka sebagai salah satu kurikulumnya. ''Kurikulum di pondok tidak hanya berupa pelajaran di kelas, tetapi kurikulum menurut pondok adalah seluruh kegiatan selama 24 jam,'' papar Tamam yang juga anggota Majelis Tinggi Ponpes Ta'mirul Islam ini . Sejak awal berdirinya Ponpes ini, bahkan menjadikan pramuka sebagai salah satu kurikulum utamanya. Karena menurut Tamam, di dalam kepramukaan terdapat pendidikan karakter, pembentukan kepribadian.

Berbagai perlombaan yang berkaitan dengan kepramukaan, Morse, Semaphore, Baris-berbaris, dan Pionering, digelar untuk memeriahkan kegiatan ini. ''Pondok mengadakan berbagai kegiatan rutin setiap tahunnya, dengan upaya dapat mencetak santriwan santriwati yang bersifat mukmin nan kuat. Tak hanya kuat iman, ilmu, dan amalnya saja, melainkan kuat akal, pikiran, dan juga badannya yang sehat,'' tegasnya.

 

Perkajum Ini merupakan perkemahan perdana bagi santri kelas 1 dan kelas 1 intensif, mereka terlihat sangat antusias dalam mengikuti berbagai kegiatan. Santri Kelas 5 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) menjadi panitia pelaksana sekaligus pendamping di setiap regu, dengan dibimbing langsung oleh para pengurus Koordinator dari Kelas 6 KMI dan para asatidz. Semua kegiatan di bumi perkemahan berjalan lancar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement