Rabu 20 Oct 2021 15:37 WIB

Perhatikan Tiga Hal Ini Sebelum Berasuransi

Hal pertama yang diperhatikan adalah pastikan kebutuhan dasar sudah terpenuhi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fuji Pratiwi
Asuransi (ilustrasi). Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli produk asuransi.
Asuransi (ilustrasi). Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli produk asuransi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bankir dan perencana keuangan bersertifikat, Windi Teguh, menyampaikan, terdapat beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai berasuransi.

1. Telah memenuhi kebutuhan dasar

Baca Juga

Menurut Windi, seseorang disarankan mulai memiliki asuransi saat membutuhkan dan ketika keuangan keluarga sudah bisa menutupi kebutuhan dasar.

Ketika sudah bisa menutupi kebutuhan dasar seperti sandang, pangan dan papan, maka sangat disarankan Anda mempertimbangkan untuk memiliki asuransi. Baik asuransi kesehatan, jiwa maupun umum, semuanya harus disesuaikan juga dengan kebutuhan.

"Contohnya, asuransi jiwa dibutuhkan bagi mereka yang sudah memiliki tanggungan, seperti anak, istri maupun orangtua," kata Windi, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (19/10).

2. Pahami konsep transfer risiko

Sebelum memilih asuransi, perlu dipahami konsep transfer risiko (transfer risk) di mana perlindungan diberikan dalam bentuk pengalihan risiko ekonomi dari nasabah atau tertanggung kepada perusahaan asuransi sebagai penanggung risiko. Berbagai risiko ekonomi ini dapat berupa sakit atau kebutuhan perawatan, pencari nafkah meninggal dunia, kebakaran pada bangunan, kerusakan mobil karena banjir dan sebagainya.

Dengan mengimplementasikan konsep transfer risk, perusahaan asuransi dapat memberikan sejumlah uang pertanggungan apabila terjadi sesuatu kepada nasabah atau tertanggung sesuai dengan ketentuan pada polis yang dimiliki.

3. Sesuaikan produk asuransi dengan kebutuhan

Manfaat dari produk asuransi sejatinya mampu menjawab kebutuhan di setiap langkah kehidupan. Misalnya mulai pertama kali bekerja, menikah, memiliki anak, atau pun saat ingin memulai usaha.

Bagi mereka yang sudah memiliki kesadaran akan pentingnya asuransi untuk menghindari risiko kerugian finansial di masa depan, perlu mempertimbangkan titik capaian dalam hidup saat memilih asuransi.

"Dalam membeli produk asuransi, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Anda harus menyesuaikan produk asuransi dengan kebutuhan dan kemampuan," kata Windi.

Selain itu, Anda juga perlu mengecek profil dan reputasi perusahaan asuransi yang ingin digunakan. Pastikan bahwa perusahaan tersebut terdaftar di OJK dan memiliki Risk Based Capital (RBC) diatas 120 persen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement