Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Arab Saudi akan Tanam Pohon di Gurun Gunakan Drone

Rabu 20 Oct 2021 12:46 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Arab Saudi akan Tanam Pohon di Gurun Gunakan Drone. Abha di Arab Saudi Dipercantik Puluhan Ribu Pohon Jacaranda

Arab Saudi akan Tanam Pohon di Gurun Gunakan Drone. Abha di Arab Saudi Dipercantik Puluhan Ribu Pohon Jacaranda

Foto: Arab News
Arab Saudi bertujuan menanam 10 miliar pohon dalam beberapa dekade.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Arab Saudi berencana menanam 100 ribu pohon menggunakan drone atau pesawat nirawak di cagar alam utara Saudi. Langkah tersebut merupakan bagian dari rencana untuk mengembangkan vegetasi, memerangi penggurunan, dan membudidayakan pohon lokal serta tanaman liar di Cagar Alam Kerajaan Imam Turki bin Abdullah di Hail.

Menteri dan Ketua Dewan Direktur Cagar Alam Pangeran Turki bin Mohammed bin Fahd mengatakan kampanye penghijauan bertujuan melestarikan keanekaragaman lingkungan dan memperkuat perlindungan lingkungan. Drone akan digunakan untuk menyebarkan benih di lebih dari 200 hektare lahan.

Baca Juga

Sebagai bagian dari Inisiatif Hijau Saudi dan Timur Tengah yang diluncurkan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman awal tahun ini, Arab Saudi bertujuan menanam 10 miliar pohon di Kerajaan dalam beberapa dekade mendatang.

Dilansir Arab News, Rabu (20/10), akhir Oktober ini, para menteri dan kepala bisnis terkemuka telah dikonfirmasi menghadiri forum Inisiatif Hijau Saudi untuk membahas pembuatan sistem keuangan yang mendukung proyek ramah lingkungan.

Para menteri yang bertanggung jawab untuk energi, lingkungan, air, dan pertanian akan bergabung dengan gubernur Dana Investasi Publik (PIF), CEO NEOM, dan kepala Komisi Kerajaan Kota Riyadh untuk membahas rincian rencana pada 23 Oktober nanti. Selain itu, forum juga dihadiri pakar internasional dan regional serta para pemimpin global.

Nantinya forum akan berfokus pada penciptaan mekanisme pembiayaan untuk transformasi lingkungan dan tuntutan mengadopsi mega proyek yang berkonsep hijau. Forum itu diadakan dua hari sebelum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Timur Tengah Hijau yang juga diselenggarakan oleh Arab Saudi.

https://www.arabnews.com/node/1950456/saudi-arabia

https://www.arabnews.com/node/1947181/business-economy

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA