Rabu 20 Oct 2021 06:51 WIB

Ayat Kursi Penangkal Gangguan Jin dan Manusia, Benarkah?

Membaca ayat kursi setiap selesai sholat dapat menghadirkan faedah.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Esthi Maharani
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Ayat kursi banyak dibaca di berbagai amalan ibadah, termasuk salah satunya bacaan sesudah sholat. Muhammad Masrur dalam buku Memahami Arti Bacaan Shalat menjelaskan, membaca ayat kursi setiap selesai sholat dapat menghadirkan faedah. Ketika ayat kursi dibaca pagi dan petang, maka yang membacanya akan dijaga dari gangguan-gangguan perbuatan jahat baik dari jin maupun manusia.

Di sisi lain, Rasulullah SAW bersabda dalam hadis riwayat An-Nasai dan Ibnu Hibban, “Man qara-a ayatal-kursiyyi dubura kulli shalatin maktubah, lima yamana’hu min dukhulil-jannati illa an yamut,”.

Yang artinya, “Barang siapa yang membaca ayat kursi setiap selesai sholat fardhu, maka tidak ada yang dapat menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian,”.

Bacaan ayat kursi:

Allahumma laa ilaha illa huwal-hayyul-qayyum la ta’khudzuhu sinatun wa la naum lahu ma fissamawati wa maa fil-ardhi man dzalladzi yasyfau indahu illa bi-idznihi ya’lamu maa baina aidihim wa maa khalfahum wa la yuhithuna bisyai’in min ilmihi illa bimaa syaa-a wasi’a kursiyyuhu as-samaawati wal-ardha wa la yauduhu hifzhuhuma wa huwal-aliyyul-azhim,”.

Yang artinya, “Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak tertidur. Kepnunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dana pa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang ada di hadapan dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah kecuali apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar,”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement