Selasa 19 Oct 2021 22:22 WIB

Keuntungan Merawat Mobil di Bengkel Resmi

Saat membeli mobil baru, biasanya ada layanan servis gratis di bengkel resmi.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Mekanik bengkel Mitsubishi. ilustrasi
Foto: Republika TV/Fakhtar Khairon Lubis
Mekanik bengkel Mitsubishi. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat membeli mobil baru, biasanya konsumen akan mendapat layanan servis gratis di bengkel resmi. Namun, layanan servis gratis itu dibatasi dalam periode dan jarak tempuh tertentu.

Jika layanan servis gratis itu telah habis, maka konsumen memiliki opsi untuk melakukan perawatan dengan pembayaran mandiri di bengkel resmi atau di bengkel umum. Head of After Sales Marketing & Promotion Section Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Tegar Ardisura sangat menyarankan agar pengendara tetap melakukan perawatan di bengkel resmi.

Baca Juga

"Melakukan perawatan di bengkel resmi menawarkan sejumlah keuntungan baik saat kendaraan itu masih digunakan atau pun saat nantinya akan di jual," kata Tegar dalam diskusi virtual yang digelar oleh MMKSI beberapa waktu lalu.

Perawatan di bengkel resmi ditunjang oleh teknisi dan infrastruktur yang representatif. Dengan begitu, kendaraan dapat dirawat dengan optimal dan beragam persoalan bisa diprediksi serta dicegah dengan baik.

Mengingat, seluruh tindakan perawatan dan perbaikan dilakukan sesuai prosedur dengan sistem dan peralatan yang memadai. "Setiap suku cadang yang digunakan juga dapat dipastikan keaslianya sehingga kualitas suku cadang terjamin," ujarnya.

Agar pengguna Mitsubishi bisa melakukan perawatan dengan biaya yang lebih hemat, maka konsumen bisa memanfaatkan program extended smart package. Menurutnya, paket ini menawarkan efisiensi biaya perawatan hingga 27 persen.

Di satu sisi, ia juga menekankan bahwa setiap perawatan yang dilakukan di bengkel resmi akan tercatat dalam service record. Artinya, semua langkah perawatan tercatat dengan baik mulai dari catatan soal jenis dan waktu perbaikan maupun suku cadang apa saja yang telah dilakukan penggantian.

"Service record juga berpengaruh terhadap harga jual kendaraan. Mengingat, kendaraan yang dibekali dengan riwayat perawatan dari bengkel resmi biasanya memiliki harga jual yang lebih tinggi," ucapnya. Apalagi, Mitsubishi juga akan memberikan sertifikasi kepada mobil-mobil yang telah melakukan perawatan di bengkel resmi apabila ingin dijual lagi.

Dengan beragam keuntungan ini, maka pengendara bisa terus menggunakan kendaraanya dengan aman dan nyaman sekaligus bisa mempertahankan harga jual kendaraan dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement