Selasa 19 Oct 2021 10:33 WIB

Kapal Angkatan Laut China-Rusia Berlayar Lewat Selat Jepang

Ini pertama kali Jepang mengonfirmasi kapal China dan Rusia berlayar di Selat Tsugaru

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Kapal perang Rusia
Kapal perang Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan 10 kapal militer dari China dan Rusia berlayar melalui celah sempit yang memisahkan pulau utama Jepang dengan Hokkaido. Ini pertama kalinya Jepang mengonfirmasi kapal China dan Rusia berlayar di Selat Tsugaru.

Selat tersebut memisahkan Laut Jepang dengan Laut Pasifik. Tokyo memantau ketat latihan militer yang digelar  di kawasan. Selat Tsugaru merupakan selat internasional yang terbuka bagi kapal asing termasuk kapal militer.

Baca Juga

"Tidak ada pelanggaran perairan teritorial yang terjadi dan tidak ada peraturan internasional yang diabaikan," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Jepang, Rabu (19/10).

Rusia dan China menggelar latihan angkatan laut gabungan di Laut Jepang dari 14 hingga 17 Oktober. Latihan yang bagian dari kerja sama angkatan laut kedua negara itu melibatkan kapal tempur dan kapal bantuan dari Armada Pasifik Rusia.

Beberapa tahun terakhir Moskow dan Beijing memperkuat kerja sama militer dan diplomatik mereka. Saat hubungan dua negara itu negara Barat kian renggang.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement