Senin 18 Oct 2021 15:57 WIB

Ambon Gencarkan Vaksinasi Lansia

Saat ini capaian vaksinasi lansia di Ambon 54,9 persen.

Ambon Gencarkan Vaksinasi Lansia. Ilustrasi
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Ambon Gencarkan Vaksinasi Lansia. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, AMBON -- Pemerintah Kota Ambon, Maluku menggencarkan vaksinasi Covid-19 bagi warga lanjut usia (lansia). "Saat ini capaian vaksinasi lansia 54,9 persen, sementara syarat masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat level 1, yakni capaian vaksinasi lansia 60 persen," kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, Senin (18/10).

Ia mengatakan upaya yang dilakukan pemkot adalah bekerja sama dengan bank penyalur pensiun untuk menerapkan kartu vaksin saat pengambilan pensiun. Seluruh lansia yang akan menerima pensiun diwajibkan menunjukkan kartu vaksin di bank atau lokasi pengambilan pensiun.

Baca Juga

"Kita akan rapat dengan seluruh bank penyalur pensiun agar lansia yang akan mengambil pensiun wajib menunjukkan kartu vaksin," ujarnya.

Berbagai upaya dilakukan Pemkot Ambon untuk meningkatkan capaian vaksinasi lansia, sebelumnya diterapkan sistem jemput bola untuk mempercepat vaksinasi lansia. Dalam vaksinasi dengan menerapkan sistem jemput bola itu, petugas medis mendatangi lansia di rumah mereka masing-masing.

 

Pemkot Ambon berusaha meningkatkan persentase vaksinasi bagi warga lansia yang merupakan salah satu kelompok rentan tertular Covid-19. Capaian vaksinasi sesuai target yang ditetapkan, terutama yang harus dikejar adalah vaksinasi lansia, anak usia 12-17 tahun, dan tenaga kesehatan.

Jika capaian vaksinasi lansia 60 persen, maka otomatis Ambon masuk PPKM level 1. "Kita berharap seluruh lansia di Kota Ambon divaksinasi karena lansia masuk kelompok yang rentan terpapar Covid-19 dan menjadi prioritas untuk divaksinasi," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement