Friday, 26 Syawwal 1443 / 27 May 2022

Pohon Tumbang, Akses Jalan di Tamansari Sementara Ditutup 

Senin 18 Oct 2021 12:32 WIB

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto

Pohon tumbang di Jalan Taman Sari Kota Bandung, Senin (18/10) akibatnya akses jalan sementara ditutup. Tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Pohon tumbang di Jalan Taman Sari Kota Bandung, Senin (18/10) akibatnya akses jalan sementara ditutup. Tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Pohon tumbang karena akar pohon yang sudah tidak bagus.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pohon tumbang terjadi di Jalan Tamansari Kota Bandung sekitar pukul 09.50 Wib, Senin (18/10) tepatnya di jalur menuju Kebun Binatang Bandung. Dalam peristiwa tersebut tidak terdapat korban jiwa sebab keadaan lalu lintas masih sepi, tapi akses jalan bagi kendaraan sementara ditutup dari kedua arah.

Pantauan di lapangan, belasan petugas Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan dan Pertamanan Kota Bandung sedang memotong pohon yang tumbang menggunakan mesin pemotong. Bagian pohon yang telah dipotong dipindahkan ke truk.

Petugas pun memotong kembali bagian pohon yang masuk ke kawasan Kebun Binatang Bandung di area trotoar jalan. Arus lalu lintas kendaraan terpantau ramai lancar, sebagian kendaraan yang hendak melintas diarahkan melalui Jalan Ganesha. 

Namun pukul 11.20 Wib kendaraan sudah diperbolehkan melintas. "Tadi tumbang sekitar pukul 09.50 Wib, pohon jenis Angsana udah 50 tahun kondisinya sudah tidak ada akarnya," ujar Enjang, pengawas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup saat ditemui, Senin (18/10).

Dia menuturkan, peristiwa pohon tumbang terjadi saat kondisi arus lalu lintas sepi, sehingga beruntung tidak terjadi korban jiwa. Enjang mengaku, proses pemotongan berlangsung memakan waktu kurang lebih satu jam. "Kondisinya kurang bagus (pohonnya)," katanya.

Lurah Lebak Siliwangi, Nur Samadin menuturkan, peristiwa pohon Angsana yang tumbang terjadi sekitar pukul 09.50 Wib. Dia menduga, pohon tumbang karena akar pohon yang sudah tidak bagus.

"Jadi 09.50 Wib, cuaca cerah mendung tidak ada hujan dan angin. Ini kelihatannya akarnya sudah tidak terlalu bagus sehingga tumbang," katanya. Ia melanjutkan tidak terdapat korban dalam peristiwa tersebut.

"Tidak ada (korban) pada saat tumbang jalanan kosong hanya karena pohon tinggi perkiraan 20 meter sampai masuk ke area kebun binatang," katanya.

Dia mendapatkan, informasi dari pengelola Kebun Binatang Bandung yang menuturkan terdapat kendaraan yang tertimpa batang pohon diparkiran Kebun Binatang Bandung. Nur mengatakan usia pohon sudah mencapai puluhan tahun.

"Tadi dipantau kelurahan, kami lihat pohon besar menghalangi jalan kerjasama Polsek Coblong Koramil agar tidak macet dialihkan. DPKP3 terjun langsung dikerjakan," ungkapnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA