Senin 18 Oct 2021 11:41 WIB

MRT Tanam 252 Pohon Terdampak Proyek Stasiun Glodok-Kota

PT MRT kerjakan terowongan bawah tanah mulai Mangga Besar sampai Kota Tua 1,4 km.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pekerja menyelesaikan pekerjaan proyek pembangunan MRT Jakarta Fase II di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (27/5/2021).
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Pekerja menyelesaikan pekerjaan proyek pembangunan MRT Jakarta Fase II di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (27/5/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT MRT Jakarta (Perseroda) menyatakan siap mengganti, merelokasi, dan menanam kembali 252 pohon yang terdampak pengerjaan pembangunan Stasiun Glodok dan Kota, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, dalam bagian MRT Jakarta Fase 2A.

Pelaksana Tugas (Plt) Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta, Ahmad Pratomo, menyebutkan, ada 252 pohon yang terdampak dalam pembangunan kedua stasiun tersebut, yaitu 139 pohon di Stasiun Glodok dan 113 di Stasiun Kota.

"Setiap pohon yang terdampak akan diganti dan direlokasi untuk ditanam kembali, serta dilestarikan demi pelestarian lingkungan berkelanjutan," kata Ahmad di Jakarta, Senin (18/10).

Adapun pembangunan Stasiun Glodok, Stasiun Kota, serta terowongan bawah tanah mulai dari Mangga Besar sampai Kota Tua sepanjang 1,4 kilometer (km), merupakan cakupan dari paket kontrak 203, salah satu segmen konstruksi MRT Jakarta Fase 2A.

Tim konstruksi CP203 MRT Jakarta, saat ini melakukan pekerjaan persiapan konstruksi, bersama dengan kontraktor pelaksana Sumitomo Mitsui Construction Company-Hutama Karya Joint Operation (SMCC-HK JO).

PT MRT Jakarta secara rutin berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam proses penanganan pohon terdampak proyek CP203 MRT Jakarta dengan mengikuti seluruh prosedur perizinan yang telah ditetapkan.

Sesuai dengan izin yang telah diberikan oleh Pemprov DKI, MRT Jakarta melakukan penanganan pohon terdampak proyek CP203 MRT Jakarta. Pertama, sebanyak 166 pohon terdampak pembangunan akan diganti, terdiri 116 pohon yang terdampak pembangunan Stasiun Glodok serta 50 pohon terdampak pembangunan Stasiun Kota.

Kemudian, terdapat 1.660 pohon pengganti yang perlu ditanam kembali dengan spesifikasi yang telah ditentukan Pemprov DKI. "Tercatat sampai dengan 12 Oktober 2021, telah dilakukan penanaman sejumlah 473 pohon pengganti," kata Ahmad.

Sementara itu, 86 pohon terdiri dari 23 pohon terdampak pembangunan Stasiun Glodok dan 63 terdampak pembangunan Stasiun Kota direlokasi. Lokasi penanaman pohon dilakukan di Jalan Ciputat Raya, Jakarta Selatan di lahan milik Pemprov DKI, dan di lokasi lain yang akan ditentukan oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement