Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Siapa 'The Next' James Bond?

Ahad 17 Oct 2021 05:52 WIB

Red: Joko Sadewo

Enam sosok James Bond untuk pertama kalinya dipamerkan di Madame Tussauds London (16/10).

Enam sosok James Bond untuk pertama kalinya dipamerkan di Madame Tussauds London (16/10).

Foto: EPA
Aktor pengganti Daniel Craig untuk peran James Bond belum diumumkan.

Oleh : Nora Azizah, Jurnalis Republika.co.id

REPUBLIKA.CO.ID, 'No Time to Die' akan menjadi film terakhir bagi Daniel Craig memerankan karakter James Bond. Craig sudah 'pensiun' memerankan agen dengan nomor 007 tersebut.

Meski pengumuman resmi pensiun Craig sudah ada sejak lama, hingga kini, aktor penggantinya belum juga ditentukan. Namun, sederet nama aktor 'bocor' yang disebut-sebut akan menggantikan posisi Craig. Beberapa aktor juga memberikan komentarnya untuk memerankan karakter yang diciptakan novelis Ian Fleming ini sejak 1953.

Aktor Tom Hardy digadang akan menjadi 'the next' James Bond. Sosok Hardy mungkin saja menjadi kandidat terkuat mengingat hampir seluruh filmografinya didominasi film aksi.

Hardy yang kini melejit dengan film 'Venom' memang bukan aktor sembarangan. Aktor berusia 44 tahun ini cukup sering masuk nominasi bergengsi, dan pernah memboyong BAFTA Rising Star Award 2011.

Meski diberi label sebagai pengganti Craig, Hardy nampaknya engga  banyak berkomentar. Dalam satu kesempatan, Hardy hanya mengatakan dirinya tidak mengetahui hal itu.

Sejak debut di 'Black Hawk Dawn (2001)', nama Hardy seakan tak pernah absen dari industri film Hollywood. Aktor asal Inggris ini dikabarkan paling tepat memerankan James Bond.

Meski Tom Hardy menjadi kandidat terkuat memerankan Bond, nama Henry Cavill tak bisa disepelekan. Aktor yang dikenal sebagai pemeran 'Superman' ini juga menjadi kandidat pengganti James Bond.

Bagi Cavill, James Bond mungkin bukan peran yang baru. Aktor ini sebelumnya pernah terlibat dalam casting untuk James Bond 'Casino Royale (2006)'. Hanya saja, saat itu Cavill tak lolos karena dinilai terlalu muda dan kurang kurus.

Namun, Cavill tampaknya tetap menginginkan peran tersebut. Ia bahkan pernah membuat pernyataan bahwa akan meneruskan tradisi yang ada apabila diberikan kesempatan memerankan Bond.

Cavill juga kandidat cukup kuat untuk menggantikan Craig. Cavill punya pengalaman casting untuk Bond. Lagipula, ia tersingkir bukan karena kemampuan aktingnya. Sama seperti Hardy, Cavill juga aktor asal Inggris.

Aktor lain yang juga menjadi kandidat kuat menggantikan Craig, yakni Rege-Jean Page. Namanya kian dikenal saat terlibat dalam serial Netflix 'Bridgerton'.

Usia Page memang lebih muda dibandingkan Hardy dan Cavill. Namun, penampilannya di 'Bridgerton' cukup menarik. Karakternya disebut cocok  memerankan Bond.

Tak hanya itu, Page juga merupakan aktor asal Inggris. Ia memiliki peluang mendapatkan peran Bond, yang sebelumnya diperankan aktor-aktor British lainnya.

Nama lain yang juga disebut akan menjadi James Bond berikutnya adalah Idris Elba. Aktor berusia 49 tahun ini bahkan disebut akan menjadi terobosan terbaru James Bond kulit hitam pertama apabila benar mendapatkan peran itu.

Komentar Elba terkait peran Bond sebelumnya cukup mengejutkan. Ia pernah mengatakan bahwa dirinya tak akan menjadi James Bond yang selanjutnya.

Namun, Elba meluruskan pernyataannya tersebut. Ia mengungkapkan bahwa dirinya belum pernah diajak berdiskusi terkait James Bond. Ia juga mengatakan, dirinya belum mengetahui hal itu, tetapi tidak mungkin menolak bila mendapat tawaran.

Elba juga menjadi kandidat cukup kuat menggantikam Craig. Tak hanya daftar panjang film yang sudah melibatkan namanya.

Urusan akting, namanya sudah empat kali dinominasikan dalam Golden Globe Awards sebagai Aktor Terbaik. Elba bahkan pernah mendapat predikat 'The Sexiest Man Alive 2018' dari People Magazine.

Di tahun yang sama, Elba masuk dalam 50 orang 'making London awesome'. Bahkan, pada 2020, Elba masuk dalam daftar 100 orang keturunan Afrika yang paling berpengaruh di United Kingdom.

Namanya juga kian kuat karena Elba merupakan aktor kelahiran Inggris. Ia juga disebut-sebut bisa membuat karakter James Bond lebih berwarna karena menjadi Bond pertama kulit hitam apabila benar akan memerankannya.

Pihak produser hingga kini mengaku tidak akan ada casting James Bond hingga 2022. Sempat ada rumor, James Bond akan diberi sentuhan segar dengan menciptakan karakter Bond perempuan. Akan tetapi hal itu masih dalam perdebatan.

Banyak sineas tidak menyetujuinya karena James Bond sangat identik dengan laki-laki. Bahkan, Daniel Craig sebagai 'the last' James Bond juga tidak setuju apabila Bond diperankan perempuan.

Lantas, siapa aktor yang kira-kira akan menjadi 'the next' James Bond? Kita tunggu saja tahun depan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA