Thursday, 5 Jumadil Awwal 1443 / 09 December 2021

Thursday, 5 Jumadil Awwal 1443 / 09 December 2021

Tour de Loksado, Upaya Paman Birin Kenalkan Kalsel ke Dunia

Sabtu 16 Oct 2021 12:49 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melepas peserta Tour de Loksado 2021 di Kiram Park, Banjar, Sabtu (16/10) pagi. Menempuh lebih kurang 150 Km para peserta akan mengayuh sepedanya melintasi bentang Geopark Meratus.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melepas peserta Tour de Loksado 2021 di Kiram Park, Banjar, Sabtu (16/10) pagi. Menempuh lebih kurang 150 Km para peserta akan mengayuh sepedanya melintasi bentang Geopark Meratus.

Foto: Pemprov Kalsel
Paman Birin menyebut Tour de Loksado jadi upaya jadikan Meratus Geopark nasional

REPUBLIKA.CO.ID, BANJAR -- Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melepas peserta Tour de Loksado 2021 di Kiram Park, Banjar, Sabtu (16/10) pagi. Menempuh lebih kurang 150 Km para peserta akan mengayuh sepedanya melintasi bentang Geopark Meratus.

Gubernur Sahbirin Noor mengatakan, kegiatan ini merupakan perpaduan antara olahraga dan promosi pariwisata. Jalur yang akan dilewati membentang dari Kiram Park hingga Loksado. Disampaikan Paman Birin, salah keunggulan pariwisata Kalsel, adalah bentang alamnya yang menyimpan keindahan luar biasa, bahkan keunikan daerah Kalsel telah diakui secara nasional melalui penetapan Pegunungan Meratus sebagai salah satu geopark nasional. 

Ke depan Pemprov Kalsel mengupayakan Pegunungan Meratus menjadi Geoprak Dunia dengan cara mengotimalkan potensi wisata alam termasuk melalui Tour de Loksado. "Sepanjang perlombaan ini saudara-saudara disuguhi tantangan, keindahan alam, keramahan budaya hingga kuliner khas Kalsel," katanya. 

Paman Birin meyakini, dengan dukungan seluruh pihak Tour de Loksado mampu menjadi kegiatan strategis, yang mampu mengenalkan Kalsel ke tingkat dunia. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan M Syarifudin mengatakan, jumlah 217 orang terdiri dari 13 peserta wanita dan 41 orang dari luar provinsi Kalsel seperti DKI Jakarta, Yogyakarta, Magelang, Madiun, Bali, Kaltim, Kalteng.

Menurutnya, Tour de Loksado merupakan kegiatan ketiga setelah dilaksanakan pada tahun 2018 dan 2019. Start dari Kiram Park Kabupaten Banjar, peserta selanjutnya menuju RTH Rantau di Kabupaten Tapin, Taman Tugu Lambung Mangkurat lalu menuju titik finish di Graha Wisata Amandit Loksado di Kabupaten HSS.

Tour de Loksado tahun ini, Dinas Pariwisata Kalsel juga akan menghadirkan kompetisi KOM (King of Mountain), dan QOM (Queen of Mountain) dengan total hadiah puluhan juta rupiah, serta lomba foto dan video bertema “Wonderful Loksado”.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA