Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Nafa Urbach tak Luput dari Teror Pinjol Ilegal

Sabtu 16 Oct 2021 11:47 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Nafa Urbach

Nafa Urbach

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Nafa Urbach menuturkan teror pinjol tidak berhenti dari satu nomor saja

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Jerat perusahaan pinjaman online (pinjol) ilegal meneror berbagai kalangan masyarakat. Tak hanya warga biasa, kalangan selebritas seperti Nafa Urbach dan keluarganya kini menjadi sasaran teror pinjol.

Kepada media, mantan istri aktor Zack Lee ini mengaku teror datang padanya dari nomor-nomor telepon yang tak ia kenal. Penelepon menyebut ada rekan Nafa yang meminjam uang dan menjadikan Nafa sebagai jaminan. Nafa menuturkan teror tidak sampai berhenti dari satu nomor saja.

Baca Juga

Namun sejumlah nomor silih berganti menghubungi dirinya via aplikasi WhatsApp dan SMS. Dirinya telah mencoba memblokir nomor-nomor yang menagih utang pinjol.

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menutup 4.874 akun pinjaman online (pinjol) ilegal sejak 2018 hingga 15 Oktober 2021. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan akun pinjol yang ditutup tersebut tersebar di website, Google Play Store, Youtube, Facebook, Instagram, dan lain-lain.

“Kominfo sejak 2018 sampai dengan hari ini tanggal 15 Oktober 2021 telah menutup 4.874 akun pinjol. Tahun 2021 saja yang telah ditutup 1.856 yang tersebar di website, Google Play Store, Youtube, Facebook, Instagram, serta di file sharing,” jelas Johnny di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Ia menegaskan Kemenkominfo akan mengambil langkah tegas dan tanpa kompromi untuk membersihkan ruang digital dari praktik pinjol ilegal. Pinjol ilegal ini berdampak serius terhadap masyarakat karena terjadi penyalahgunaan atau tindak pidana dalam penagihannya serta memberikan bunga yang sangat tinggi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA