Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Arab Saudi tak Lagi Wajibkan Masker di Ruang Terbuka

Jumat 15 Oct 2021 21:34 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Arab Saudi tak Lagi Wajibkan Masker di Ruang Terbuka. Warga Arab Saudi menikmati kopi dan membaca komik Jepang di kafe manga Akiba Cafe di Jeddah, Arab Saudi.

Arab Saudi tak Lagi Wajibkan Masker di Ruang Terbuka. Warga Arab Saudi menikmati kopi dan membaca komik Jepang di kafe manga Akiba Cafe di Jeddah, Arab Saudi.

Foto: Arab News/Huda Bashatah
Pembatasan pengunjung ke Masjidil Haram juga telah dicabut.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan akan mulai melonggarkan pembatasan Covid-19 pada Ahad (17/10). Pelonggaran ini memungkinkan pertemuan dan mencabut beberapa mandat masker bagi mereka yang telah menerima kedua dosis vaksin Covid-19.

"Masker di ruang terbuka tidak lagi wajib untuk orang yang divaksinasi penuh. Masyarakat harus tetap memakainya di ruang tertutup dan area yang tidak dipantau oleh aplikasi pelacakan Tawakkalna," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan yang dilansir di Al Arabiya, Jumat (15/10).

Baca Juga

Peraturan jarak sosial juga akan dicabut. Tempat-tempat umum, transportasi, restoran, bioskop, dan pertemuan lainnya yang dipantau oleh Tawakkalna akan diizinkan beroperasi dengan kapasitas penuh. Sekali lagi, aturan baru ini hanya berlaku untuk orang-orang yang telah menerima kedua dosis vaksin.

Pembatasan pengunjung ke Masjidil Haram juga telah dicabut. Jamaah yang telah menerima kedua dosis vaksin sekarang dapat mengunjungi masjid dengan tetap mengenakan masker dan menggunakan aplikasi pelacakan umroh. Aturan yang sama akan berlaku untuk Masjid Nabawi di Madinah.

Acara di aula pernikahan akan diizinkan tanpa batasan kehadiran, meskipun mereka yang terlibat tetap harus mematuhi tindakan pencegahan termasuk tetap menggunakan masker di ruang tertutup. Kementerian dalam negeri menyatakan aturan tersebut dapat berubah tergantung pada perkembangan pandemi.

Aturan yang berbeda juga dapat diberlakukan di berbagai wilayah Kerajaan tergantung pada tingkat infeksi lokal. Jumlah kasus harian telah menurun dalam beberapa bulan terakhir setelah puncaknya pada akhir Juli. Tingkat vaksinasi meningkat karena pihak berwenang mewajibkan vaksin bagi masyarakat untuk memasuki tempat-tempat tertentu.

https://english.alarabiya.net/coronavirus/2021/10/15/Saudi-Arabia-to-ease-COVID-19-restrictions-beginning-Sunday-Interior-ministry

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA