Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

10 Selebritas Dunia Blak-blakan Dukung Palestina (1)

Jumat 15 Oct 2021 05:40 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

10 Selebritas Dunia Blak-blakan Dukung Palestina (1). Penyanyi Lorde

10 Selebritas Dunia Blak-blakan Dukung Palestina (1). Penyanyi Lorde

Foto: EPA
Para selebritas ini menunjukkan dukungannya pada Palestina secara terbuka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baru-baru ini dikabarkan Penulis Irlandia Sally Rooney tidak menerjemahkan buku terbarunya ke dalam bahasa Ibrani karena adanya pelanggaran hak asasi manusia terhadap Palestina oleh pasukan Israel. Namun, Rooney bukanlah satu-satunya tokoh yang membela Palestina. Berikut 10 tokoh terkenal lain yang menunjukkan dukungannya terhadap Palestina, dilansir The New Arab, Kamis (14/10).

1. Lorde

Baca Juga

Pada 2017, bintang pop Selandia Baru Lorde membatalkan pertunjukan di Israel sebagai tanggapan atas catatan hak asasi manusia Israel dan pendudukan wilayah Palestina. "Saya pikir ini keputusan yang tepat untuk membatalkan pertunjukan," kata Lorde saat itu. Keputusan tersebut menuai reaksi dengan Duta Besar Israel untuk Selandia Baru Itzhak Gerberg mengundangnya untuk membahas konflik Palestina-Israel.

2. Alexa Nikolas

Mantan aktris remaja yang terkenal lewat perannya sebagai Nicole Bristow di serial televisi Nickelodeon Zoey 101 ini tak hanya mendukung Palestina tapi juga terlibat dalam perdebatan di Instagram. “Sejak awal Israel menganggap setiap keinginan untuk mengakhiri pendudukan yang diungkapkan secara damai atau melalui perjuangan sebagai terorisme,” kata Nikolas dalam Instagram-nya.

Nikolas menyebut sejak awal, Israel telah beraksi secara brutal dengan menghukum penduduk Palestina setiap adanya perlawanan.

3. Paul Pogba

Selama pembantaian Israel terbaru di Jalur Gaza, pesepakbola Manchester United Paul Pogba mengibarkan bendera Palestina bersama rekan setimnya Amad Diallo. Pogba diberi bendera oleh seorang penggemar saat para pemain berjalan di sekitar lapangan setelah Man United bermain imbang 1-1 dengan Fulham di Old Trafford. Kemudian, dia mengunggah foto dirinya dengan bendera tersebut dengan caption “Mari jaga dunia kita aman dan bebas dari kekerasan.”

4. Serj Tankian

Vokalis System of a Down Serj Tankian secara konsisten menyuarakan dukungan untuk Palestina dan memasukkan lagu "Occupied Tears" dalam album solonya tahun 2014. "Sudah waktunya mengakhiri kesengsaraan ini yang dikenal sebagai pendudukan Israel atas Gaza dan Tepi Barat," kata rockstar Armenia-Amerika saat itu. Pada Februari, ia mengatakan dukungan sepihak Amerika kepada Israel adalah bentuk ketidakadilan.

5. Lauryn Hill

Pada 2015, musisi Amerika Lauryn Hill muncul dalam sebuah video yang menyamakan situasi orang Palestina di bawah pendudukan Israel dengan penderitaan orang kulit hitam di Amerika Serikat. Video pendek berjudul When I See Them I See Us juga menampilkan cendekiawan Afrika-Amerika Angela Davis, Cornel West, Alice Walker, pendiri BDS Omar Barghouti dan aktivis serta akademisi lainnya dari warisan kulit hitam dan Palestina.

Dalam video itu, dia memegang tanda bertuliskan "Bebaskan semua tahanan politik." Partisipasinya datang tak lama setelah dia membatalkan konser di Israel. 

Baca juga: 10 Selebriti Dunia Blak-blakan Dukung Palestina (2-Habis)

photo
Pemain Manchester United Paul Pogba (kiri) dan Amad (kanan) mengibarkan bendera Palestina ketika menyapa suporter setelah pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris antara Manchester United dan Fulham FC di Manchester, Inggris, 18 Mei 2021. - (AP/Laurence Griffiths, Pool)
https://english.alaraby.co.uk/features/not-just-sally-rooney-celebrities-who-support-palestinians

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA