Kamis 14 Oct 2021 18:41 WIB

Hina Nabi Muhammad, Orang Ini Diabadikan Alquran

Nabi Muhammad mendapat tantangan saat berdakwah terang-terangan.

Rep: Ratna ajeng tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Hina Nabi Muhammad, Orang Ini Diabadikan Alquran. Foto: Rasulullah SAW. Ilustrasi
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Hina Nabi Muhammad, Orang Ini Diabadikan Alquran. Foto: Rasulullah SAW. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH --Ketika Nabi Muhammad SAW berdakwah secara terang-terangan, ujian datang satu persatu. Salah satu ujian datang dari seorang suku quraisy, dia adalah Ubay saudara Umayyah bin Khalaf.

Dalam buku Shirah Nabawiyah karya Syekh Shafiyyurrahman Al Mubarakfuri menyebutkan Ubay bin Khalaf, tak jauh berbeda dengan Uqbah bin Abu Mu'ith. Suatu kali Uqbah mengintip di dekat Nabi dan mendengarkan bacaan Alquran dari beliau. Ubay mendengar apa yang dilakukan saudaranya maka Ubay langsung menyindir dan mengejeknya. 

Baca Juga

Ubay kemudian meminta Uqbah meludahi wajah Rasulullah. Ternyata Uqbah benar-benar melakukan anjuran itu, Ubay bin Khalaf sendiri meremukkan tulang-belulang hingga hancur, lalu menaburkannya menurut arah mata angin yang berhembus ke arah Rasul.

Ubay yang juga memiliki Al-Akhnas bin Syariq Ats-Tsaqafi termasuk orang yang menyakiti Rasulullah. Al-Qur'an pun memberinya sembilan sifat yang menunjukkan dirinya, yaitu dalam firman Allah, Al Qalam ayat 10-16, 

وَلَا تُطِعْ كُلَّ حَلَّافٍ مَهِينٍ.هَمَّازٍ مَشَّاءٍ بِنَمِيمٍ.مَنَّاعٍ لِلْخَيْرِ مُعْتَدٍ أَثِيمٍ.عُتُلٍّ بَعْدَ ذَٰلِكَ زَنِيمٍ.أَنْ كَانَ ذَا مَالٍ وَبَنِينَ.إِذَا تُتْلَىٰ عَلَيْهِ آيَاتُنَا قَالَ أَسَاطِيرُ الْأَوَّلِينَ.سَنَسِمُهُ عَلَى الْخُرْطُومِ

Dan janganlah engkau patuhi setiap orang yang suka bersumpah dan suka menghina, suka mencela, yang kian kemari menyebarkan fitnah, yang merintangi segala yang baik, yang melampaui batas, dan banyak dosa, yang bertabiat kasar, selain itu juga terkenal kejahatannya, karena dia kaya dan banyak anak.

Apabila ayat-ayat Kami dibacakan kepadanya, dia berkata, Ini adalah dongeng-dongeng orang dahulu. Kelak dia akan Kami beri tanda pada belalainya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement