Jabar Dominasi Tunggal Putra-Putri Bulu Tangkis

Pebulu tangkis tunggal putra Jawa Barat Panji Ahmad Maulana berusaha mengembalikan kok ke arah tunggal putra Jawa Barat Syabda Perkasa Belawa pada pertandingan final Bulu Tangkis Tunggal Putra PON Papua di GOR Waringin Kotaraja, Kota Jayapura, Papua, Rabu (13/10/2021). Panji Ahmad Maulana berhasil meraih medali emas usai menang dari lawannya 21-9, 21-17.
Pebulu tangkis tunggal putra Jawa Barat Panji Ahmad Maulana berusaha mengembalikan kok ke arah tunggal putra Jawa Barat Syabda Perkasa Belawa pada pertandingan final Bulu Tangkis Tunggal Putra PON Papua di GOR Waringin Kotaraja, Kota Jayapura, Papua, Rabu (13/10/2021). Panji Ahmad Maulana berhasil meraih medali emas usai menang dari lawannya 21-9, 21-17.
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kontingen Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyapu bersih medali emas di cabang olahraga bulutangkis nomor tunggal putra dan tunggal putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di GOR Waringin, Kota Jayapura, Rabu (13/10) siang WIT. Pebulu tangkis putri Jabar, Saifi Riska Nurhidayah, lebih dulu menyabet emas setelah mengalahkan wakil Bali, Komang Ayu Cahya Dewi.

Kemenangan Saifi berlangsung dramatis karena terpaksa selesai hingga rubber game dengan skor 8-21, 21-17, dan 21-18. Menanggapi perlawanan Saifi, Komang Ayu mengaku kubu Jabar berhasil memanfaatkan momentum saat dirinya lengah.

Komang Ayu memuji ketenangan Saifi yang bisa membalikkan keadaan setelah tumbang dengan skor telak di gim pertama. "Mungkin gim pertama dia belum panas, jadi di gim kedua sudah mulai atur permainan saya. Terus di saat-saat terakhir saya tidak siap," ujar Komang Ayu seusai laga.

Sementara di sektor tunggal putra, Jabar sejatinya sudah mengamankan medali emas karena partai puncak menyajikan all-Jabar final antara Panji Ahmad Maulana melawan Syabda Perkasa Belawa.

Keduanya bertarung dalam laga berdurasi 33 menit. Hingga akhirnya, Panji keluar sebagai pemenang dalam dua gim langsung dengan skor 21-9 dan 21-17. Prestasi ini menjadi yang pertama setelah 17 tahun Jabar puasa medali emas di bulu tangkis tunggal putra selama PON.

Jabar terakhir kali menyabet emas lewat Taufik Hidayat pada PON 2004 di Palembang. Taufik menumbangkan atlet DKI Jakarta, Simon Santoso, di partai final.

Saat ditemui di GOR Waringin, Panji mengaku mentalnya sempat jatuh karena menghadapi unggulan Jabar yang juga pemain pelatnas. Namun, hal itu kemudian ia jadikan sebagai dorongan agar bisa bermain lebih lepas.

"Kalau bicara target memang emas. Kalau soal bukan (atlet) pelatnas, saya jadikan motivasi karena sempat vakum selama enam bulan tidak latihan sama sekali," kata Panji.

Dengan torehan medali emas yang diraih, Panji menegaskan bahwa setiap atlet punya kesempatan yang sama dalam memburu titel. Ia pun berusaha kembali tembus ke pelatnas setelah tiga tahun membela daerah. "Saya masuk pelatnas sejak 2015 sampai 2018 akhir. Target sih tampil di Olimpiade Paris 2024," jelasnya.

Komentar

Terkait


Ridwan Kamil Optimistis Jabar Juara PON Papua. Foto:   Pegulat putra Kalimantan Timur M. Aliansyah (kiri) berusaha mengunci pegulat putra Jabar Peri Budiawan (kanan) saat bertanding pada final Gulat Gaya Greco-roman kelas 67 Kg Putra PON Papua di Gor Futsal Dispora, Kabupaten Merauke, Papua, Rabu (13/10/2021). M. Aliansyah menang dan berhasil meraih medali emas.

Ridwan Kamil Optimistis Jabar Juara PON Papua

Ratusan pelajar dari 30 sekolah di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengikuti penataran kedisiplinan, bela negara dan wawasan kebangsaan. Ilustrasi

Ratusan Pelajar yang Tawuran di Karawang Ikuti Penataran

Tim dayung Jawa Barat melakukan selebrasi usai finish pertama di nomor rowing M8+ PON Papua di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Papua, Jumat (8/10). Tim dayung Jawa Barat berhasil meraih medali emas setelah finish diposisi pertama dengan waktu 05:47.262 disusul tim dayung Jawa Timur meraih medali perak dengan waktu 05:51.620 dan tim dayung DKI Jakarta meraih medali perunggu dengan waktu 05:54.907. Republika/Thoudy Badai

Jawa Barat Juara Umum Cabor Dayung PON XX Papua

Sebanyak 26 kecamatan dari 32 kecamatan yang ada di Cianjur, Jawa Barat, berstatus rawan bencana. Ilustrasi

26 Kecamatan di Cianjur Berstatus Rawan Bencana

Sejumlah warga berfoto usai disuntik vaksin Covid-19 saat kegiatan vaksinasi Covid-19 masal di Aula BRSPDSN Wyata Guna, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Rabu (13/10). Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berupaya menggiatkan vaksinasi Covid-19 untuk mengejar target herd immunity atau kekebalan kelompok sebanyak 32 juta jiwa pada Desember 2021.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jawa Barat

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image