Rabu 13 Oct 2021 20:11 WIB
Dewan Pengarah BRIN Dilantik, Guru Besar IPB: Riset Kunci Kemajuan Bangsa

Guru Besar IPB Apresiasi Pelantikan Dewan Pengarah BRIN

Hari ini Presiden Jokowi melantik Dewan Pengarah BRIN.

Presiden Jokowi melantik Dewan Pengarah BRIN lewat upacara kenegaraan yang dilaksanakan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/10).
Foto: istimewa
Presiden Jokowi melantik Dewan Pengarah BRIN lewat upacara kenegaraan yang dilaksanakan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang diketuai Megawati Soekarnoputri mendapatkan apresiasi dari Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dwi Andreas Santosa.

Menurut Dwi Andreas, eksekutif BRIN dan Dewan Pengarahnya yang akan bekerja memastikan ide utama yang dituangkan lewat Peraturan Presiden nomor 78 tahun 2021.

Baca Juga

"Riset dan Inovasi adalah kata kunci perkembangan teknologi, pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sebuah bangsa," kata Prof Dwi Andreas Santosa, dalam keterangan persnya, Rabu (13/10).

Menurutnya, BRIN dan Dewan Pengarahnya akan memastikan mulusnya proses menyatukan berbagai lembaga riset yang selama ini terpisah. Selama ini, banyak pihak yang menduga bahwa lembaga dan pendanaan riset yang terpisah serta tak terkoordinasi ini menjadi salah satu penyebab lambannya kemajuan penelitian dan pengembangan di Indonesia.

Maka ketika semuanya dimasukkan ke dalam satu kapal dengan satu nahkoda, yakni BRIN, diharapkan tidak terjadi lagi duplikasi riset dan kesimpangsiuran tata kelola riset di Indonesia.

"Diseminasi hasil riset, pemanfaatan hasil riset dan inovasi serta link yang selama ini hilang antara hasil riset dan inovasi dengan pengguna baik kalangan industri/swasta maupun pengguna lainnya, bisa dibangun lebih baik dimasa depan," ujar Dwi Andreas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement