Selasa 12 Oct 2021 15:34 WIB

Freeport Groundbreaking Pabrik Smelter di Gresik

Kemajuan pembangunan smelter Freeport di Gresik mencapai delapan persen.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Fuji Pratiwi
Groundbreaking pabrik smelter Freeport Indonesia di Gresik, Selasa (12/10).
Foto: dok. Freeport1
Groundbreaking pabrik smelter Freeport Indonesia di Gresik, Selasa (12/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Freeport Indonesia melakukan groundbreaking pembangunan pabrik smleter di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik. Dengan groundbreaking maka tahap konstruksi smelter dimulai.

Direktur Utama PTFI Clayton Allen Wenas menjelaskan, hingga saat ini, kemajuan pembangunan smelter mencapai delapan persen. Ia menjelaskan Freeport terus melakukan penyesuaian dan memastikan pembangunan tetap berjalan dengan tetap mengedepankan kesehatan dan keselamatan seluruh tenaga kerja serta masyarakat di sekitar area kerja.

Baca Juga

"Kewajiban pembangunan smelter tertuang dalam Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) PTFI yang menjadi bagian tak terpisahkan dari izin keberlanjutan operasi PTFI hingga 2041," ujar Tony, Selasa (12/10).

Konsentrat tembaga yang dipasok ke smelter ini berasal dari tambang bawah tanah terbesar di dunia yang dikelola Freeport. Dimana 98 persen karyawannya adalah putra putri terbaik bangsa yang berasal dari berbagai suku dan daerah, baik di Papua dan daerah lainnya di Indonesia.

Freeport menggandeng PT Chiyoda International Indonesia untuk melakukan pekerjaan Engineering, Procurement, dan Construction (EPC) di tahap konstruksi. Tahap ini akan membuka lapangan pekerjaan bagi setidaknya 40.000 tenaga kerja (secara kumulatif) yang direkrut melalui perusahaan kontraktor. Freeport akan mendorong perusahaan kontraktor agar memaksimalkan perekrutan masyarakat lokal untuk mengisi bidang-bidang pekerjaan tertentu.

"Kami berterima kasih atas perhatian penuh dari Bapak Presiden dan para menteri pada acara peresmian ini. Kami juga mengharapkan dukungan untuk kemudahan perijinan dan insentif fiskal untuk membantu nilai keekonomian proyek smelter ini," ujar Tony Wenas.

Tony juga menambahkan, industri hilir tembaga dan turunannya di Indonesia perlu ditingkatkan. Sehingga produk katoda tembaga dapat semakin banyak diserap di dalam negeri dan memberikan manfaat ekonomi yang lebih luas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement