Selasa 12 Oct 2021 14:52 WIB

Film Godzilla Versi 1954 akan Diputar Ulang di Bioskop

Penonton bisa menyaksikan Godzilla mengamuk pertama kalinya pada 67 tahun lalu.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Film Godzilla versi 1954 akan diputar ulang di bioskop.
Foto: Toho
Film Godzilla versi 1954 akan diputar ulang di bioskop.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Monster Godzilla yang ikonik akan berusia 67 tahun pada bulan depan. Untuk memperingati itu, restorasi 4K dari film debut Godzilla yang dirilis 1954 akan diputar ulang di bioskop mulai 3 November 2021.

Selama hampir dua pertiga abad, Godzilla, yang kerap dijuluki "King of the Monster", telah memengaruhi budaya pop dalam skala global, menjadi simbol budaya pop Jepang yang paling dikenal di seluruh dunia. Sampai saat ini, total ada 36 film tentang Godzilla serta crossover ke dalam waralaba lainnya.

Meskipun tema film Godzilla berbeda-beda setiap film, Godzilla versi 1954 lebih dikenang karena komentar politiknya tentang holocaust nuklir dari perspektif Jepang. Dalam film tersebut, sosok Godzilla yang mengamuk di Tokyo menjadi simbol bom atom Hiroshima dan Nagasaki. 

Film ini juga memelopori suitmation yaitu bentuk efek khusus di mana seorang pemeran pengganti memakai setelan jas dan berinteraksi dengan set miniatur. Sejak film tersebut dirilis, Godzilla telah dianggap sebagai pencapaian sinema, sering diganjar penghargaan sebagai film monster terbaik yang pernah dibuat, yang juga diakui oleh Guinness World Records sebagai waralaba terlama dalam sejarah film.

Toho Co Ltd, produser di balik film orisinal Godzilla dan 32 lainnya, mengumumkan kemitraan dengan Alamo Drafthouse untuk membawa restorasi 4K dari film Gojira 1954 ke bioskop pada 3 November. Jadwal perilisan itu tampaknya berlaku untuk seluruh dunia, kecuali Jepang dan AS yang masih belum ditentukan.

Dilansir di Screen Rant pada Selasa (11/10), tiket bisa dibeli secara daring di Alamo Drafthouse sebelum pemutaran 3 November. Situs web Alamo Drafthouse juga menampilkan jadwal lengkap pemutaran bioskop. Selain itu, lokasi-lokasi tertentu juga akan membuat perayaan khusus "Godzilla Day" dengan memutar ulang film Godzilla vs. Hedorah (1971) serta film Shin Godzilla (2016). 

Godzilla adalah ikon budaya yang telah bertahan selama 67 tahun. Bagi sebagian besar penonton, pemutaran kali ini akan menawarkan kesempatan untuk melihat monster Godzilla klasik mengamuk di layar lebar seperti yang dia lakukan untuk pertama kalinya 67 tahun yang lalu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement