Selasa 12 Oct 2021 21:51 WIB

Wajib Tahu! 8 Komponen Mobil yang Membutuhkan Servis Berkala

Melakukan servis berkala diperlukan agar performa mobil senantiasa prima.

Honda Jazz Facelift
Foto: Autocar
Honda Jazz Facelift

REPUBLIKA.CO.ID, Rencana membeli mobil pribadi dalam waktu dekat bukan hanya membutuhkan bujet yang memadai. Soal urusan bujet, Anda patut memilih jenis mobil sesuai jumlah tabungan dan kebutuhan. Jenis mobil hatchback seperti Honda Jazz dapat menjadi prioritas Anda karena harganya bersahabat serta cocok untuk penggunaan pribadi maupun keluarga kecil.

Sekarang, Anda bisa mencari mobil hatchback yang Anda inginkan melalui Blibli. Cara pemesanan mobil sangat praktis sama seperti produk Blibli lainnya. Info tentang pengiriman mobil serta kelengkapan dokumen akan diinfokan oleh customer care Blibli.com sehingga tidak menyita waktu Anda.

Selain menyiapkan bujet untuk membeli mobil pribadi, nantinya Anda juga wajib meluangkan waktu untuk melakukan servis berkala agar performa mobil senantiasa prima. Delapan komponen mobil yang membutuhkan servis berkala adalah sebagai berikut:

Ban mobil

Kondisi ban mobil harus diperhatikan secara seksama, terutama bila Anda sering melewati jalanan yang rusak atau menanjak. Tekstur ban mobil yang mulai menipis akan menyebabkan daya geseknya berkurang. Akibatnya, mobil jadi kesulitan bermanuver dan risiko kecelakaan pun semakin besar.

Anda mesti memilih ban mobil baru sesuai dengan karakteristik mobil. Ban mobil depan bisa digantikan dengan ban belakang, sedangkan bagian belakang mobil mendapatkan ban baru. Siklus ini harus dilakukan secara teratur demi menjaga kualitas ban mobil. Jangan sampai Anda mengendarai mobil yang bannya sudah tipis dan rentan pecah.

Oli mesin dan filter oli

Komponen mobil yang satu ini memang juga tak boleh luput dari perhatian Anda. Idealnya, oli mesin mobil diganti setelah Anda menempuh jarak 10 ribu kilometer (km) pertama. Namun, patokan penggantian oli mobil juga bisa ditinjau dari segi jam kerja mesin. Misalnya, mobil yang sering melewati jalanan macet juga membutuhkan oli baru walaupun jarak tempuhnya tidak terlalu besar.

Oli berfungsi melumasi mesin agar proses pembakaran berlangsung sempurna. Jadi, jangan sampai fungsi oli menurun drastis atau bahkan habis karena tidak pernah diganti. Selain oli, filter oli juga patut mendapatkan perhatian yang sama. Karena filter oli yang kotor membuat proses penyaringan kurang maksimal.

Aki

Salah satu tanda bahwa aki mobil harus diganti adalah sistem kelistrikan mobil yang terganggu. Biasanya lampu dashboard mobil tidak mau menyala hingga lama-kelamaan Anda pun sulit menyalakan mesin mobil. Aki basah maupun aki kering mesti diganti setiap tahun dan Air pada aki basah harus ditambah secara teratur. Jangan sampai kinerja aki terlanjur melemah hingga akhirnya membuat mobil Anda mogok di jalan.

Kampas rem

Fungsi kampas rem sangat krusial bagi mobil karena berkaitan dengan sistem pengereman. Seiring dengan bertambahnya usia pemakaian mobil, kampas rem bisa menipis dan menyebabkan sejumlah gangguan.

Ada beberapa ciri yang menunjukkan kalau kampas rem mobil mesti segera diganti, yaitu bunyi berdecit saat mengerem, jumlah minyak rem yang berada di bawah batas normal, dan injakan rem yang lebih dalam dari biasanya. kampas rem yang sudah menipis akan menyebabkan gesekan antar komponen logam dan mengurangi jumlah minyak rem pada reservoir. Sebaiknya kampas rem rutin dicek dan mendapatkan penggantian setiap jarak tempuh 20 ribu km.

Kampas kopling

Selain kampas rem, kampas kopling juga butuh perhatian khusus karena berfungsi mengirimkan tenaga mesin ke ban. Biasanya kampas kopling relatif cepat menipis karena kondisi jalanan yang rusak. Salah satu ciri kampas kopling yang harus diganti adalah bau khas kopling yang timbul saat Anda mengerem di tanjakan. Kampas kopling sebaiknya diganti setelah mobil menempuh jarak 10 ribu km hingga 50 ribu km.

Lampu

Semakin sering Anda mengendarai mobil, maka biasanya semakin pendek pula usia lampu mobil. Proses penggantian lampu mobil tentu tidak sulit. Pemasangan lampu mobil harus dilakukan secara benar agar awet dan tidak menyebabkan bahan bakar mobil menjadi boros. Biasanya lampu mobil sudah mulai meredup bila digunakan selama 1,5 tahun. Jadi, Anda harus lekas menggantinya dengan yang baru supaya tidak mengganggu performa mobil.

Filter udara

Banyak orang menganggap bahwa filter udara pada mobil hanya perlu dibersihkan secara rutin. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Membersihkan filter udara secara teratur memang efektif menghemat bahan bakar. Filter udara harus dibersihkan setiap kali mobil menempuh jarak 10 ribu km.

Namun, Anda juga patut mengganti filter udara setelah menempuh jarak 40 ribu km, terutama bila sering melintasi jalanan yang berdebu. Filter udara yang terlalu kotor akan menghambat suplai udara ke ruang pembakaran mobil. Akibatnya, pembakaran berlangsung kurang sempurna dan penggunaan bahan bakar malah semakin boros.

Busi

Busi mempunyai peran penting sebagai pemantik pada kendaraan bermotor. Meskipun bentuknya kecil, fungsinya memang sangat besar. Busi yang kotor akan membuat Anda kesulitan menyalakan mobil. Bahkan, mobil Anda akan semakin boros bahan bakar bila Anda tidak pernah mengganti busi dengan yang baru. Busi yang mulai kotor bisa dibersihkan. Kendati demikian, proses penggantiannya tetap harus dilakukan setelah mobil Anda menempuh jarak 20 ribu km.

Kesimpulannya, Anda tak boleh lalai merawat mobil kesayangan supaya aktivitas berkendara selalu lancar. Siapkan bujet dan waktu untuk melakukan servis berkala sehingga mobil Anda senantiasa prima meski usianya terus bertambah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement