Selasa 12 Oct 2021 00:45 WIB

Warga Bosnia Buat Rumah yang Bisa Berputar

Hunian ini dapat berputar 360 derajat untuk berganti suasana.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Vojin Kusic membangun rumah yang bisa berputar untuk istrinya.
Foto: AP Photo/Radivoje Pavicic
Vojin Kusic membangun rumah yang bisa berputar untuk istrinya.

REPUBLIKA.CO.ID, SRBAC -- Sebuah rumah keluarga di sebuah kota kecil di Bosnia utara menjadi monumen cinta. Monumen ini tidak persis setara dengan Taj Mahal di India.

Rumah di Srbac dirancang dan dibangun oleh Vojin Kusic yang berusia 72 tahun. Dengan fasad hijau dan atap logam merah, hunian ini dapat berputar 360 derajat untuk memuaskan keinginan istrinya Ljubica yang berubah-ubah tentang apa yang ingin lihat ketika melihat keluar dari jendelanya.

Baca Juga

"Setelah saya mencapai usia lanjut dan setelah anak-anak saya mengambil alih bisnis keluarga, saya akhirnya punya cukup waktu untuk menugaskan diri saya untuk mengabulkan keinginan istri saya," kata Kusic memutuskan mengabulkan impian istrinya.

Bertahun-tahun yang lalu ketika mereka menikah, Kusic telah membangun rumah lain yang khas untuk dirinya dan istrinya dalam membesarkan ketiga anak. Pada saat itu, istrinya ingin kamar tidurnya menghadap matahari, jadi mereka melakukannya.

 

Namun, keinginan itu berarti ruang tamu mereka menghadap jauh dari jalan. Setelah beberapa saat, Kusic mengatakan istrinya mengeluh bahwa tidak bisa melihat orang memasuki halaman depan dan harus merombak semuanya.

"Saya harus merobohkan dinding di antara dua kamar tidur kami untuk mengubahnya menjadi ruang tamu dan memindahkan semua instalasi (listrik). Itu adalah tugas yang sangat menuntut, butuh banyak dari saya, tetapi saya melakukan apa yang dia inginkan," kata Kusic.

Kemudian enam tahun yang lalu, satu-satunya dari tiga anak Kusic menikah dan orang tuanya memutuskan untuk membiarkannya tinggal di lantai atas rumah keluarga. Sementara pasangan lebih tua itu pindah ke lantai dasar.

"Sekali lagi, kali ini di lantai dasar, saya harus mulai merobohkan beberapa dinding, pada saat itu, untuk tidak menunggu dia berubah pikiran lagi, saya memutuskan untuk membangun rumah baru yang berputar sehingga dia bisa memutarnya sesukanya," kata Kusic.

Kusic yang tidak sempat kuliah, merancang dan membangun rumah berputar sendiri dengan menggunakan motor listrik dan roda kendaraan angkut militer tua. "Sekarang, pintu depan kami juga berputar, jadi jika dia melihat tamu yang tidak diinginkan menuju ke arah kami, dia bisa memutar rumah dan membuat mereka berpaling," ujarnya bercanda. 

Baca juga : Penerbangan Supersonik akan Hadir Kembali

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement