Sabtu 09 Oct 2021 12:25 WIB

Dubes RI untuk Thailand Tekankan Budaya Perekat Kerja Sama

Indonesia dan Thailand mempunyak hubungan kerja sama yang erat

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nashih Nashrullah
Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand Rachmat Budiman melakukan pertemuan dengan Menteri Kebudayaan Thailand Itthipol Kunplome membahas kerja sama budaya dan lain-lain di Bangkok, Selasa (6/10)
Foto: dok KBRI BANGKOK
Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand Rachmat Budiman melakukan pertemuan dengan Menteri Kebudayaan Thailand Itthipol Kunplome membahas kerja sama budaya dan lain-lain di Bangkok, Selasa (6/10)

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK - Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, Rachmat Budiman melakukan pertemuan dengan Menteri Kebudayaan Thailand, Itthipol Kunplome di Bangkok, pada Selasa (6/10) lalu. Dubes menekankan bahwa budaya merupakan salah satu jembatan untuk memperkuat kerja sama antarkedua negara.

"Indonesia dan Thailand harus terus memperkuat kerja sama budaya terutama mengingat budaya terbukti menjadi media terbaik dalam meningkatkan people-to-people contact yang selama ini telah berjalan sejak sebelum Indonesia merdeka bahkan jauh ke masa kerajaan Sriwijaya dan kerajaan lama yang ada di Thailand," ujar Dubes Rachmat dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id, Sabtu (9/1).

Baca Juga

"Sampai saat ini media budaya menjadi jembatan yang menumbuhkan saling pengertian antara kedua bangsa," ujarnya menambahkan.

Dubes Rachmat dan Menteri Itthipol juga turut membahas berbagai kerja sama kebudayaan yang telah berlangsung dengan baik selama ini.

Keduanya membahas mengenai peluang yang perlu dimanfaatkan untuk memperkuat kerja sama melalui prakarsa baru dengan memanfaatkan kreatifitas yang berkembang di masing-masing negara menyoal budaya.

Sementara itu, Menteri Itthipol menyampaikan bahwa kedua negara memiliki banyak modalitas dan potensi yang dapat terus dieksplorasi untuk lebih mendekatkan persahabatan dan kerja sama antarkedua negara.

Menurutnya, kemiripan berbagai aspek kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia dan Thailand menjadi modal yang sangat baik bagi kerja sama di bidang kebudayaan. 

Kolaborasi budaya antara Indonesia dan Thailand telah berlangsung cukup lama. Ini termasuk kolaborasi pertunjukan sendratari Ramayana Two Nations One Dance yang dilaksanakan pada September 2020. 

Kolaborasi ini merupakan salah satu simbol eratnya persahabatan antar kedua bangsa. Selain membahas kerja sama di bidang kebudayaan, khususnya bidang seni budaya, pada pertemuan keduanya juga membahas mengenai kerja sama di bidang pendidikan khususnya berkaitan dengan pertukaran pelajar melalui program beasiswa. 

Dalam hal ini Dubes Rachmat secara khusus menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia secara rutin telah memberikan beasiswa seperti Darmasiswa dan Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia yang selama ini mendapatkan sambutan baik dari generasi muda Thailand.

Menteri Itthipol menyampaikan apresiasi atas pemberian beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa Thailand yang diyakininya akan berkontribusi bagi penguatan hubungan dan kerja sama antarkedua negara di masa yang akan datang.

Menteri Itthipol menyampaikan, Thailand juga secara rutin memberikan beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa dari negara-negara ASEAN, yang tentunya juga dimanfaatkan pelajar dan mahasiswa Indonesia. Dalam hal kerja sama Pendidikan, juga dibahas mengenai berbagai program beasiswa melalui skema university-to-university dan kerja sama antara organisasi kemasyarakatan di kedua negara.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement