Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

Bom Saat Salat Jumat di Afghanistan, 46 Orang Meninggal

Sabtu 09 Oct 2021 10:30 WIB

Red: Christiyaningsih

Masjid komunitas Syiah dihantam serangan bom besar di Provinsi Kunduz, Afghanistan.

Masjid komunitas Syiah dihantam serangan bom besar di Provinsi Kunduz, Afghanistan.

Masjid komunitas Syiah dihantam serangan bom besar di Provinsi Kunduz, Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD - Serangan bom terhadap jamaah di sebuah masjid Syiah di kota Kunduz, Afghanistan, menewaskan sedikitnya 46 orang pada Jumat, kata para pejabat.

Saksi mata mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa ledakan itu menghantam Masjid Besar Seyedabad sekitar pukul 13.30 waktu setempat.

Baca Juga

Matiullah Rouhani, kepala Departemen Informasi dan Kebudayaan di Kunduz di bawah pemerintahan Taliban, mengatakan ledakan itu menewaskan sedikitnya 46 orang, dan melukai 143 lainnya.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan banyak warga tewas dan terluka akibat serangan militan Daesh. Dalam sebuah cuitan di Twitter, jubir Taliban mengutuk "tindakan keji" dan berjanji "untuk menemukan serta menghukum para pelaku."

Misi Bantuan PBB di Afghanistan (UNAMA) mengatakan sangat prihatin dengan laporan korban yang sangat tinggi, serta menyebut serangan itu sebagai bagian dari "pola kekerasan yang mengganggu."

Sementara dalam sebuah pernyataan, kelompok teror Daesh/ISIS, yang telah menargetkan Muslim Syiah di masa lalu, mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Pada Minggu, sedikitnya delapan orang tewas dan 20 lainnya terluka setelah bom meledak di dekat pintu masuk Masjid Eidgah di Kabul.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/46-orang-tewas-akibat-ledakan-bom-saat-salat-jumat-di-afghanistan/2387082
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA