Thursday, 8 Zulhijjah 1443 / 07 July 2022

Taliban: Internasional Jangan Isolasi Afghanistan

Sabtu 09 Oct 2021 03:56 WIB

Red: Christiyaningsih

Menurut Taliban mengisolasi Afghanistan dari internasional adalah kebijakan gagal.

Menurut Taliban mengisolasi Afghanistan dari internasional adalah kebijakan gagal.

Menurut Taliban mengisolasi Afghanistan dari internasional adalah kebijakan gagal

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA - Taliban pada Kamis memperingatkan dunia internasional agar tidak mengisolasi Afghanistan karena kebijakan itu telah gagal di masa lalu dan “tidak seorang pun” ingin hal itu terulang.

Imarah Islam Afghanistan (IEA) “adalah kenyataan, dan kami siap untuk terlibat dengan komunitas internasional dan menyelesaikan masalah melalui pembicaraan dan pemahaman berdasarkan kepentingan bersama dan hubungan yang positif,” ujar Suhail Shaheen, calon perwakilan Taliban di PBB dalam pertemuan dengan duta besar beberapa negara di ibukota Qatar, Doha.

Baca Juga

Imarah Islam Afghanistan adalah nama saat Taliban memerintah Afghanistan antara tahun 1996 dan 2001 sebelum AS menginvasi. “Isolasi Afghanistan di masa lalu terbukti menjadi kebijakan gagal yang tidak menguntungkan siapa pun. Tidak ada yang menginginkan itu,” kata Shaheen.

Dalam cuitnya di Twitter, Shaheen mengatakan pertemuan itu dihadiri n duta besar Uni Eropa, Kanada, Inggris, AS, Norwegia, Jepang, dan Korea Selatan. Shaheen mengklaim para utusan itu menegaskan kembali komitmen mereka untuk terus memberikan bantuan kemanusiaan kepada Afghanistan.

Dia mengatakan kepada para duta besar bahwa proyek rekonstruksi “harus dimulai di Afghanistan”. Menjelang musim dingin, Shaheen mengatakan ada kebutuhan mendesak untuk pasokan bantuan kemanusiaan di Afghanistan.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA