Jumat 08 Oct 2021 14:47 WIB

Penguasa Dubai Retas Ponsel Eks Istri dengan Pegasus

Pengadilan tinggi Inggris mengkritik Sheikh Mohammed dengan keras.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Teguh Firmansyah
 Foto handout yang disediakan oleh Emirates News Agency (WAM) menunjukkan Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA dan Penguasa Dubai (kanan) berbicara dengan Menteri Luar Negeri Spanyol, Arancha Gonzalez Laya (kiri) di Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (8/2).
Foto: EPA-EFE/EMIRATES NEWS AGENCY
Foto handout yang disediakan oleh Emirates News Agency (WAM) menunjukkan Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA dan Penguasa Dubai (kanan) berbicara dengan Menteri Luar Negeri Spanyol, Arancha Gonzalez Laya (kiri) di Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (8/2).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Hakim Pengadilan Tinggi Inggris mengungkapkan, penguasa Dubai dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab, Sheikh Mohammed meretas ponsel mantan istrinya, Putri Haya dan lima rekannya menggunakan spyware Pegasus yang kontroversial milik NSO Group. Menurut laporan yang diumumkan pada awak media, Rabu (6/10), peretasan terjadi saat Putri Haya dan Sheikh Mohammed terlibat dalam proses pengadilan di London mengenai hak asuh anak-anak mereka. 

Dalam penilaiannya, Presiden Divisi Keluarga pada Pengadilan Tinggi Inggris, Sir Andrew McFarlane, mengkritik Sheikh Mohammed dengan keras.

Baca Juga

Menurutnya, temuan ini mewakili penyalahgunaan kepercayaan total, dan memang penyalahgunaan kekuasaan, sampai batas yang signifikan. “Saya ingin menjelaskan bahwa saya menganggap temuan yang saya buat sekarang ini sangat serius dalam konteks kesejahteraan anak-anak,” kata McFarlane dilansir dari Middle East Eye, Kamis (7/10).

“Mereka mungkin memiliki dampak besar pada kemampuan ibu dan pengadilan untuk mempercayainya dengan pengaturan apa pun. Kecuali yang paling minimal dan aman untuk kontak dengan anak-anaknya di masa depan,” imbuhnya.

Ponsel Haya diretas 11 kali pada Juli dan Agustus tahun lalu dengan otoritas tersurat atau tersirat Sheikh Mohammed.  Dua pengacara Haya juga diretas, termasuk Lady Shackleton, anggota House of Lords.

Pada Maret, MacFarlane memutuskan, Sheikh Mohammed menahan putrinya, Latifa dan Shamsa dan telah melakukan kampanye pelecehan terhadap Putri Haya. Sheikh Mohammed juga diketahui telah mengorganisir penculikan Latifa, yang berusaha melarikan diri dari Dubai pada 2018. Kemudian kakak perempuannya, Shamsa yang pada 2000 untuk sementara melarikan diri dari keluarganya di Inggris.

Pada Juli lalu, pelarian Latifa, menyebabkan kehebohan di seluruh dunia dan ia ditangkap pada 2018 dengan memanfaatkan spyware Pegasus.

Nomor telepon milik teman dan rekan Putri Latifa ditambahkan ke daftar nomor yang akan ditargetkan untuk pengawasan oleh perangkat lunak yang disediakan oleh NSO Group Israel.

Angka-angka itu ditambahkan pada Februari 2018 dalam beberapa jam dan hari setelah sang putri melarikan diri dari Dubai, dengan bantuan temannya Tiina Jauhiainen, seorang instruktur capoeira Finlandia.

Delapan hari kemudian, ketika dia telah melakukan perjalanan sejauh pantai Malabar India, India, pasukan Emirat memaksa menaiki perahunya dan mengembalikannya ke Dubai.

Pada Agustus, analisis forensik yang dilakukan oleh Amnesty International mengungkapkan, David Haigh, juru kampanye hak asasi manusia Inggris yang bekerja untuk membantu membebaskan Putri Latifa dari tahanan, ponselnya diretas oleh spyware Pegasus pada 3 dan 4 Agustus 2020.

Ponsel iPhone 11 milik Haigh disusupi oleh perangkat lunak Pegasus, yang diproduksi oleh NSO Group Israel, dalam serangan yang diduga diperintahkan oleh Dubai.

Amnesty International, Forbidden Stories, dan sekelompok organisasi media internasional menuduh spyware itu digunakan untuk meretas smartphone milik jurnalis, pejabat, aktivis hak asasi manusia, dan pemimpin politik.  Kelompok investigasi mengatakan mereka telah memperoleh daftar 50 ribu nomor telepon yang tampaknya menjadi target yang diidentifikasi oleh klien perusahaan Israel untuk dimata-matai menggunakan Pegasus.

Menyusul kebocoran tersebut, pemerintah Inggris mengatakan bahwa mereka telah berulang kali mengeluh kepada pemerintah Israel tentang penggunaan Pegasus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement