Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Sketsa Karya Muhammad Ali Laku Rp 6 M dalam Lelang

Jumat 08 Oct 2021 13:37 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Legenda tinju almarhum Muhammad Ali. Sketsa Sting Like a Bee karyanya terjual dalam lelang di New York, AS, Selasa (5/10).

Legenda tinju almarhum Muhammad Ali. Sketsa Sting Like a Bee karyanya terjual dalam lelang di New York, AS, Selasa (5/10).

Foto: AP
Muhammad Ali pernah membuat sejumlah sketsa semasa hidupnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Almarhum petinju Muhammad Ali memiliki sentuhan seni dalam darahnya. Sebelum meninggal dunia, Ali membuat karya-karya seni, namun kreasinya kurang dikenal oleh banyak orang.

Meskipun demikian, ada beberapa karya Ali yang pada akhirnya terjual dalam lelang. Nilainya bahkan melebihi perkiraan.

Baca Juga

Sebuah sketsa dengan pulpen karyanya telah terjual lebih dari 425 ribu dolar AS atau setara dengan Rp 6 miliar di sebuah lelang di New York, Amerika Serikat, pada Selasa (5/10) waktu setempat. Sketsa tersebut diberi judul "Sting Like a Bee".

Ali menggambarnya di atas kertas pada 1978. Itu adalah karya yang paling dicari di antara lebih dari 20 lukisan, gambar, dan sketsa oleh mantan juara kelas berat itu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bonhams (@bonhams1793)

"Ref, dia betul-betul melayang seperti kupu-kupu, menyengat seperti lebah!," demikian tulisan dalam balon kata petinju yang dijatuhkan oleh lawan yang tangannya terangkat dalam kemenangan. Ali terkenal menggunakan ungkapan itu untuk menggambarkan gaya tinjunya.

Gambar-gambarnya itu mencerminkan minat Ali pada agama, keadilan sosial, dan kariernya sendiri. Awalnya, mereka memperkirakan karya Ali akan terjual sekitar 40 ribu hingga 60 ribu dolar AS, setara dengan Rp 500 jutaan-Rp 850 jutaan.

Juru lelang Bonhams, dilansir laman The Indian Express, Jumat (8/10), mengatakan 26 karya seni Ali terjual dengan total 945.524 dolar AS. Angka itu setara dengan sekitar Rp 14 miliar.

Hasil penjualan tersebut tiga kali lipat lebih tinggi dari perkiraan harga jual terendahnya. Menurut Bonhams, "Sting Like A Bee" dibeli oleh seorang kolektor memorabilia Ali yang berbasis di Inggris. Pembeli lain tidak diidentifikasi.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA