Jumat 08 Oct 2021 11:58 WIB

Komunitas Pemakaman Muslim di Inggris Raih Penghargaan

Komunitas muslim raih penghargaan atas kontribusi membantu keluarga korban Covid-19

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Pemakaman khusus Covid-19
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Pemakaman khusus Covid-19

IHRAM.CO.ID, LANCASHIRE -- Komunitas pemakaman Muslim Blackburn di Lancashire, Inggris, telah diumumkan sebagai pemenang The Leader's Award pada  One Voice Blackburn’s 1V Awards untuk 2021. Komunitas ini meraih penghargaan setelah sumbangsih mereka selama dua tahun masa pandemi ini untuk membantu keluarga korban Covid-19.

"Kami senang diakui dengan cara ini. Itu berarti bahwa kami melakukan sesuatu yang benar yang pada akhirnya adalah yang paling penting," kata pemimpin Blackburn Muslim Burial Society, Imran Patel, dilansir di laman About Islam, Kamis (7/10).

Lancashire Telegraph melaporkan, perwakilan dari kelompok sukarelawan itu akan menerima penghargaan mereka pada acara makan malam tahunan One Voice di King George's Hall pada Sabtu mendatang.

Sukarela untuk menguburkan orang yang meninggal adalah tindakan yang sangat dihargai dalam Islam karena Islam menyerukan untuk menghormati manusia baik hidup atau mati. Saat meninggal, jenazah seorang Muslim harus segera dibawa ke kamar mayat untuk dibersihkan dan dipersiapkan atau dikafani dan kemudian disholatkan terlebih dahulu sebelum dikuburkan.

Blackburn Muslim Burial Society didirikan lima tahun lalu. Sukarelawan dari kelompok tersebut telah menawarkan layanan pengaturan pemakaman kepada komunitas tersebut.

Layanan itu termasuk urusan dengan semua transportasi, membersihkan dan mengapani jenazah, menyolatkan dan menguburkan serta dokumen terkaitnya.

Mengurus pemakaman dan jenazah selama pandemi Covid-19 telah menjadi tantangan selama beberapa bulan terakhir. Pemimpin dewan wilayah tersebut, Cllr Mohammed Khan, mengatakan  Blackburn Muslim Burial Society adalah pemenang yang layak untuk penghargaan tahun ini.

"18 bulan terakhir sangat sulit bagi para sukarelawan dengan tantangan Covid-19, tetapi mereka sepenuhnya berkomitmen pada pekerjaan mereka untuk membantu mempermudah mereka yang berduka. Mereka memperlakukan setiap penguburan seolah-olah itu adalah anggota keluarga mereka sendiri," kata Khan.

Ketua One Voice Abrar Hussain mengatakan, kerja Masyarakat Pemakaman Muslim Blackburn di komunitas selama 18 bulan terakhir khususnya dilakukan tanpa pamrih dan menginspirasi.

"Mereka benar-benar mendukung keluarga di saat mereka membutuhkan," ujarnya.

Komunitas Muslim Inggris telah menunjukkan upaya besar selama dua tahun terakhir. Berbagai upaya dilakukan mulai dari meluncurkan kolaborasi senilai 250.000 pound untuk menjahit dan membuat alat pelindung bagi pekerja garis depan, gerakan paket makanan yang memberi makan ribuan orang, proyek dukungan kesehatan mental dan kekerasan dalam rumah tangga, pembukaan masjid dan kelas online, dan dorongan vaksinasi massal.

Selama gelombang terburuk pertama pandemi, tempat parkir mobil di masjid diberikan ke kamar mayat sementara untuk mengatasi meningkatnya kematian. Upaya luar biasa tersebut telah dirangkum dalam sebuah buklet berjudul "Faith in Action, West Midlands Muslim organizations’ Covid-19 Response" yang secara resmi diluncurkan pada sebuah pertemuan pada Agustus 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement