Wednesday, 26 Rabiul Akhir 1443 / 01 December 2021

Wednesday, 26 Rabiul Akhir 1443 / 01 December 2021

Rusia Undang Taliban ke Pertemuan Internasional

Kamis 07 Oct 2021 20:16 WIB

Red: Ani Nursalikah

Rusia Undang Taliban ke Pertemuan Internasional. Presiden Rusia Vladimir Putin.

Rusia Undang Taliban ke Pertemuan Internasional. Presiden Rusia Vladimir Putin.

Foto: AP/Grigory Sysoev/Pool Sputnik Kremlin
Rusia khawatir tentang menyusupnya milisi ke negara bekas Uni Soviet di Asia Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia akan mengundang perwakilan Taliban ke pertemuan internasional tentang Afghanistan yang akan digelar di Moskow pada 20 Oktober mendatang. Perwakilan khusus Presiden Vladimir Putin, Zamir Kabulov, Kamis (7/10), tidak menjelaskan lebih lanjut rencana tersebut dalam pernyataan yang dilansir kantor berita Rusia.

Rusia menjadi tuan rumah konferensi internasional tentang Afghanistan pada Maret lalu yang menghasilkan pernyataan bersama dengan Amerika Serikat, China, dan Pakistan. Hasil konferensi sepakat agar pihak-pihak yang bertikai di Afghanistan mencapai perjanjian damai dan menekan kekerasan.

Baca Juga

Pernyataan itu juga mendesak Taliban tidak melancarkan serangan apa pun selama musim semi dan musim panas. Semenjak AS dan sekutunya membawa pulang pasukan mereka setelah 20 tahun berada di Afghanistan, Taliban langsung mengambil alih kekuasaan dan pemerintah sebelumnya runtuh.

Rusia khawatir tentang kemungkinan jatuhnya wilayah yang lebih luas dan kemungkinan menyusupnya kelompok milisi ke negara-negara bekas Uni Soviet di Asia Tengah. Moskow menganggap negara-negara tersebut sebagai penyangga pertahanan bagi wilayah bagian selatan mereka.

Pascapengambilalihan oleh Taliban, Moskow menggelar latihan militer di Tajikistan dan memperkuat peralatan mereka di pangkalan militer di negara tersebut. Putin pada Kamis juga menelepon Presiden Tajikistan Emomali Rakhmon untuk membahas situasi keamanan seputar perkembangan terkini di Afghanistan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA