Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Saham Unilever Meroket, Begini Rekomendasinya

Kamis 07 Oct 2021 15:06 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha

Gedung Unilever Indonesia. Saham PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) menguat secara beruntun dalam sepekan terakhir.

Gedung Unilever Indonesia. Saham PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) menguat secara beruntun dalam sepekan terakhir.

Foto: unilever.co.id
Membaiknya daya beli masyarakat menjadi katalis positif bagi Unilever.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saham PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) menguat secara beruntun dalam sepekan terakhir. Pada perdagangan hari ini, Kamis (7/10), UNVR konsisiten bergerak di zona hijau dan melesat hingga 12,65 persen ke level 4.810.

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas, Martha Christina, mengatakan penguatan UNVR ini ditopang membaiknya daya beli masyarakat pada kuartal III 2021. "Seiring dengan membaiknya ekonomi maka daya beli semakin meningkat dan bisa menjadi katalis positif bagi UNVR," kata Martha, Kamis (7/10). 

Meski demikian, menurut Martha, secara jangka panjang UNVR masih akan mengadapi tantangan yang cukup besar, terutama dari sisi margin. Dengan adanya kenaikan harga komoditas, UNVR terancam mengalami penurunan margin. Kondisi ini sudah terjadi dalam beberapa tahun terakhir. 

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Nafan Aji Gusta menambahkan, kenaikan saham UNVR dimungkinkan terjadi secara teknikal. Nafan pun merekomendasikan investor yang memiliki UNVR untuk melakukan ambil untung sebagian. 

"Sambil investor juga mencermati dinamika perkembangan kuartal III kinerja fundamentalnya seperti apa," kata Nafan. 

Menurut Nafan, sektor barang konsumsi akan mengalami pemulihan menjelang akhir tahun ini. Hal ini didukung oleh kondisi pandemi Covid-19 yang mulai mereda serta pelonggaran mobilitas yang dilakukan oleh pemerintah.

Nafan juga melihat adanya peningkatan aktivitas dan tingkat indeks keyakinan konsumen Indonesia yang kembali ke batas optimis. "Saya berharap pemulihan di sektor konsumsi juga akan terjadi seiring momentum pemulihan ekonomi tahun 2021," tutur Nafan.

Dalam satu pekan terakhir, UNVR tercatat telah mengalami kenaikan hingga 22,28 persen. Sedangkan dalam sebulan terakhir, UNVR menguat 17,80 persen.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA