Rabu 06 Oct 2021 18:01 WIB

Barcelona Lepas Umtiti Pada Januari 2022

Umtiti sama sekali belum dimainkan pada musim ini.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar
Samuel Umtiti
Foto: REUTERS/Albert Gea
Samuel Umtiti

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona ingin segera berpisah dengan Samuel Umtiti pada bursa transfer terdekat. Tepatnya pada Januari 2022.

Umtiti sama sekali belum dimainkan pada musim ini. Bek tengah asal Prancis itu tidak masuk rencana pelatih Ronald Koeman. Sebenarnya Barca sudah berniat melepas eks Olympique Lyon, beberapa bulan lalu.

Sejumlah klub Ligue 1 Prancis tertarik menampungnya. Penjualan Umtiti tak hanya menambah pendapatan Barca. Tapi juga mengurangi tagihan upah pemain di klub tersebut.

Maklum, Umtiti termasuk jugador bergaji tinggi. Namun situasi berubah saat yang bersangkutan bertemu Presiden Joan Laporta. Muncul keyakinan sang bek telah mengatasi permasalahan cedera, dan siap memainkan peran penting.

Rupanya persoalan serupa terulang. Ia kembali masuk ruang perawatan. "Kali ini niat Barcelona untuk menjualnya, tampak nyata," demikian laporan yang dikutip dari barcauniversal.com, Rabu (6/10).

Umtiti bermarkas di Stadion Camp Nou sejak 2016 lalu. Dalam dua musim perdana di Barca, ia rutin menjadi starter. Ia bermain minimal 40 pertandingan di setiap musimnya.

Jebolan alademi Lyon itu menggantikan peran Javier Mascherano. Berkat penampilan impresif di Blaugrana, sang bek dipanggil timnas Prancis. Bersama Les Blues ia meraih trofi Piala Dunia 2018.

Setelahnya, perlahan tapi pasti, Umtiti mengalami kemunduran. Ia terkena cedera lutut. Cukup lama yang bersangkutan mendekam di ruang perawatan.

Otomatis, tingkat kebugarannya menurun. Ia terus mendapat cedera berulang. Saatnya Umtiti mencari pelabuhan lain yang bisa memaksimalkan potensinya.

Sudah empat musim sang bek aktif membela Raksasa Katalan. Sejauh itu, ia tampil dalam 132 laga di berbagai ajang, dan mencetak dua gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement