Rabu 06 Oct 2021 15:45 WIB

Orang Paling Zalim dan Rugi yang Diungkap Alquran

Alquran ungkap orang paling zalim dan rugi.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Yasin Habibi
Alquran

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Dalam Alquran melalui Surah Al-An'am Ayat 21 dan tafsirnya menjelaskan siapa orang yang paling zalim dan rugi. Yakni mereka yang membuat kebohongan tentang Allah SWT dan mendustakan ayat-ayat-Nya.

وَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرٰى عَلَى اللّٰهِ كَذِبًا اَوْ كَذَّبَ بِاٰيٰتِهٖۗ اِنَّهٗ لَا يُفْلِحُ الظّٰلِمُوْنَ

Baca Juga

Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mengada-adakan suatu kebohongan terhadap Allah, atau yang mendustakan ayat-ayat-Nya? Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu tidak beruntung. (QS Al-An'am: 21)

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, ayat ini mengandung arti, siapakah yang lebih zalim, sesat dan menyimpang dari kebenaran, daripada orang yang mengada-adakan suatu kebohongan terhadap Allah, dengan meyakini Tuhan memiliki anak dan teman perempuan atau yang mendustakan ayat-ayat-Nya seperti yang dilakukan kaum kafir Makah dan Madinah?

Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mempertuhankan seseorang atau sesuatu selain Allah, mereka tidak akan pernah beruntung dalam kehidupan di akhirat, karena mereka kekal di dalam neraka.

Ayat ini menegaskan bahwa tidak ada orang yang lebih merugi daripada orang yang berbuat dusta terhadap Allah seperti mengatakan Allah itu punya anak, punya sekutu atau menjadikan sesuatu selain Allah sebagai tumpuan doa dan pujaan, menjadikannya pelindung, pengantara dan lain sebagainya, dan menambah-nambah ajaran agama yang tidak ada dasarnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement