Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Jambi Siapkan Geopark Merangin Agar Diusulkan ke UNESCO

Rabu 06 Oct 2021 04:12 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Geopark Merangin Jambi

Geopark Merangin Jambi

Foto: Antara
Geopark Merangin sudah resmi ditetapkan menjadi kawasan Geopark Nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Pemerintah Provinsi Jambi melakukan persiapan untuk melakukan kajian terhadap Geopark Merangin agar dapat masuk ke dalam daftar Unesco Global Geopark (UGG). Pemerintah Provinsi Jambi mendorong Pemerintah Kabupaten Merangin melalui Dinas Pariwisata dan tim ahli untuk menyusun strategi dalam mempersiapkan Geopark Merangin menuju Unesco Global Geopark (UGG).

"Kita perlu mempersiapkan segala kajian baik dari sisi sejarah, budaya, seni, sosial, ekonomi hingga kearifan lokal dalam pengelolaan Geopark Merangin," kata Gubernur Jambi Al Haris.

Baca Juga

Al Haris menjelaskan Geopark Merangin yang sudah resmi ditetapkan menjadi kawasan Geopark Nasional, kini melangkah maju UGG. Geopark Merangin adalah taman bumi yang memiliki nilai sejarah yang historis terdiri fosil-fosil dan lempengan fragmen bumi tertua di dunia.

Fosil dan lempengan fragmen bumi tersebut serupa dan bahkan seusia dengan bebatuan yang ada di situs bersejarah di Cina. Fosil bebatuan tersebut diperkirakan berumur 300 juta tahun lebih.

"Ini merupakan barang langka dan unik serta menarik, perlu menjadi suatu nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar dengan dijadikan objek wisata," katanya.

Dengan dijadikan objek wisata akan menarik wisatawan datang, sehingga akan mendatangkan nilai ekonomi bagi masyarakat dan bisa menambah penghasilan. Tidak hanya wisata Geopark, namun juga dipadukan dengan wisata budaya dan kuliner serta kearifan masyarakat setempat, sehingga akan menambah nilai jual destinasi wisata Geopark Merangin.

Pada tahun 2014,Geopark Merangin telah diusulkan menjadi situs warisan dunia Unesco. Namun Geopark Merangin masih belum memenuhi standar penilaian yang di tetapkan oleh Unesco. Dimana belum ada batasan kawasan yang jelas dari Geopark Merangin, dimana kawasan Geopark Merangin terlalu luas.

Baca juga : Kementerian BUMN akan Tutup 7 BUMN Sekarat Tahun Ini

Selain itu, ujar dia, infrastruktur dan sarana penunjang masih kurang memadai. Kemudian perlu pembinaan terhadap masyarakat setempat untuk melayani wisata yang datang.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi Sri Purnama Syam mengatakan Geopark Merangin merupakan salah satu solusi alternatif untuk membangkitkan ekonomi daerah. Kekayaan alam dan budaya yang ada di Kawasan Geopark Merangin tidak hanya meningkatkan ekonomi masyarakat, namun juga meningkatkan perekonomian daerah.

"Geopark Merangin Jambi sudah layak menjadi Unesco Global Geopark, karena memiliki situs warisan geologi tertua di Asia (Air Batu dsk). Kemudian merupakan kantong budaya prasejarah Indonesia (Tiongkok-Serampas), rumah bagi spesies kunci berstatus Endangered (IUCN), dan Tropical Rainfrest Heritage of Sumatera (TNKS)," kata Sri Purnama Syam.

 
 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA