Selasa 05 Oct 2021 17:09 WIB

Masjid di Qatar Perbolehkan Sholat dengan Shaf Rapat

Masyarakat Qatar sudah mulai melakukan sholat di masjid-masjid

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agung Sasongko
Masjid di Qatar (ilustrasi)
Foto: riyadisugeng.wordpress.com
Masjid di Qatar (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  DOHA -- Masyarakat Qatar sudah mulai melakukan sholat di masjid-masjid dengan shaf rapatsejak Ahad (3/10). Dilansir di The Peninsula Qatar, Senin (4/10), Qatar secara bertahap mencabut pembatasan dan tindakan pencegahan Covid-19 di masjid.

Sesuai instruksi baru dari Kementerian Wakaf Qatar, jarak sosial harus tetap diterapkan hanya untuk khotbah Jumat. Sementara orang-orang bisa beribadah atau sholat berjamaah sembari berdiri dalam satu baris.

Baca Juga

Dengan pelonggaran pembatasan tersebut, terdapat perubahan lain yang mulai berlaku antara lain pembukaan kembali toilet dan tempat wudhu di masjid-masjid, yang berada di daerah yang tidak ramai.

Kementerian Wakaf telah menerbitkan daftar dari 500 masjid di mana dibukanya kembali tempat wudhu itu akan mulai berlaku. Daftar masjid itu diunggah di akun Twitter Kementerian Wakaf dan Urusan Islam Qatar.

 

Masjid-masjid yang melaksanakan salat Jumat akan ditutup setelah memenuhi kapasitas jamaah di dalamnya dengan jarak satu meter di antara mereka. Kementerian tersebut meminta jamaah untuk memperhatikan dan mematuhi langkah-langkah pencegahan, guna memastikan keselamatan jamaah dan anggota masyarakat.

Langkah-langkah yang masih berlaku di masjid-masjid di antaranya menunjukkan aplikasi Ehteraz untuk masuk, membawa sajadah masing-masing, dan tetap mengenakan masker. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement