Selasa 05 Oct 2021 09:53 WIB

Ini 7 Sifat Generasi Milenial dan Jurusan Kuliah yang Sesuai

Sifat tersebut antara lain mudah beradaptasi, melek teknologi, dan berani mencoba.

Ada tujuh sifat generasi milenial, dan mereka disarankan memilih jurusan perkuliahan yang cocok dengan sifat mereka.
Foto: Dok UNM
Ada tujuh sifat generasi milenial, dan mereka disarankan memilih jurusan perkuliahan yang cocok dengan sifat mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Generasi milenial terkenal dengan sifat-sifat unik karena sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Kaum muda milenial juga disebut sebagai anak zaman sekarang, sebab mereka tumbuh di dunia yang sudah serba canggih. Mulai dari kebiasaan berselancar di media sosial hingga smartphone yang digunakan, mereka sudah sangat mahir dalam bidang teknologi.

Kaum milenial menganggap kehidupan sosial sebagai aspek yang sangat penting. Berbagai kemajuan teknologi dan perilaku konsumtif sangat lekat pada jiwa dan sifat generasi milenial. 

Berikut tujuh sifat generasi milenial dan jurusan kuliah yang sesuai untuk dipilihnya, seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id:

1. Mudah beradaptasi

Dalam berbagai kondisi, generasi milenial dikenal sangat mudah mengikuti perubahan. Mereka mudah beradaptasi, sifat karakter ini cocok bila memilih jurusan kuliah bidang Ilmu Komunikasi.

Beberapa kampus yang menyediakan Ilmu Komunikasi antara lain, Universitas Paramadina dengan link pendaftaran melalui https://admission.paramadina.ac.id/s1, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dengan link pendaftaran melalui http://pendaftaran.bsi.ac.id/, Universitas Pancasila dengan link pendaftaran melalui http://pmbonline.univpancasila.ac.id/, Universitas Bunda Mulia dengan link pendaftaran melalui https://pmb.ubm.ac.id/, dan masih banyak lainnya.

2. Melek teknologi

Cukup dekat dengan teknologi, generasi milenial dianggap paling melek teknologi. Keseharian mereka tak terlepas dari bidang teknologi. Mereka cocok untuk memilih Jurusan Teknologi Informasi. 

Beberapa kampus yang menyediakan Jurusan Teknologi Informasi yakni Universitas Gadjah Mada dengan link pendaftaran https://ugm.ac.id/id/pendaftaran, Universitas Gunadarma dengan link pendaftaran https://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2021/, Universitas BSI dengan link pendaftaran http://pendaftaran.bsi.ac.id/, Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan link pendaftaran https://admission.itb.ac.id/home/, dan masih banyak lainnya.

3. Berani mencoba dan menyukai tantangan

Punya rasa ingin tahu yang tinggi, mendorong generasi milenial untuk berani mencoba hal-hal baru. Dari sifat itu, mereka cocok untuk memilih Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). 

Beberapa kampus yang membuka Jurusan RPL antara lain Universitas Atma Jaya dengan link pendaftaran https://join.atmajaya.ac.id/, Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan link pendaftaran https://admission.itb.ac.id/home/, Universitas Telkom dengan link pendaftaran https://smb.telkomuniversity.ac.id/, Universitas BSI dengan link pendaftaran http://pendaftaran.bsi.ac.id/ dan masih banyak lainnya.

4. Punya sifat percaya diri yang tinggi

Untuk menjalin relasi dengan banyak orang diperlukan sifat percaya diri. Generasi milenial memiliki sifat percaya diri yang cukup tinggi. Mereka yang punya sifat percaya diri tinggi bisa mendaftar kuliah pada Jurusan Sastra Inggris. 

Beberapa kampus yang membuka Jurusan Sastra Inggris antara lain Universitas Al Azhar Indonesia dengan link pendaftaran pada https://penerimaan.uai.ac.id/, Universitas Bunda Mulia dengan link pendaftaran melalui https://pmb.ubm.ac.id/, Universitas BSI dengan link pendaftaran http://pendaftaran.bsi.ac.id/, Universitas Bina Nusantara dengan link pendaftaran https://binus.ac.id/2018/09/daftar-online/, dan masih banyak lainnya.

5. Berpikir terbuka

Mudah menerima perubahan dan mengikuti tren terkini. Generasi milenial dianggap mampu berpikir secara terbuka dan mudah menerima. Mereka yang suka akan keterbukaan dan mampu mengorganisir sesuatu, senantiasa berpikir terbuka juga mampu menjadi leader terhadap kelompoknya sangat sesuai bila memilih Jurusan Manajemen. 

Beberapa kampus yang menyediakan Jurusan Manajemen antara lain Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan link pendafaran https://daftar.nusamandiri.ac.id/, Institut Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI) International Business School dengan link pendaftaran https://siakad.ipmi.ac.id/spmbfront/home, Universitas BSI dengan link pendaftaran http://pendaftaran.bsi.ac.id/, Universitas Airlangga dengan link pendaftaran http://www.ppmb.unair.ac.id/, dan masih banyak lainnya.

6. Perhatian

Generasi milenial, memang butuh banyak  perhatian. Selain itu, mereka juga sering sekali memberi perhatian. Penuh perhatian dan ketelitian sangat dibutuhkan pada Jurusan Akuntansi. Beberapa kampus yang menyediakan Jurusan Akuntansi antara lain Universitas BSI dengan link pendafataran http://pendaftaran.bsi.ac.id, Universitas Brawijaya dengan link pendaftaran https://selma.ub.ac.id, Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan link pendaftaran https://admission.itb.ac.id/home/, dan masih banyak lainnya.

7. Inovatif

Suka berinovasi dengan berbagai hal baru juga kreatif dalam menciptakan peluang-peluang baru. Generasi milenial ini sangat cocok  memilih Jurusan Ilmu Komputer. Pasalnya, mereka sudah kenal teknologi dan memiliki sifat yang inovatif. 

Beberapa kampus yang menyediakan Jurusan Ilmu Komputer antara lain Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan link pendaftaran https://admisi.ipb.ac.id/, Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan link pendafaran https://daftar.nusamandiri.ac.id/, Universitas Brawijiya dengan link pendaftaran https://selma.ub.ac.id/, Universitas BSI dengan link pendafataran http://pendaftaran.bsi.ac.id, dan masih banyak lainnya.

Tujuh sifat mendasar di atas dimiliki oleh generasi milenial. Mereka sangat cocok dengan perkembangan teknologi saat ini, mudah beradaptasi dan suka akan hal-hal baru. Senang akan tantangan dan suka sekali membuat tim. Untuk terus mengembangkan potensi dirinya, maka sebaiknya memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan sifat dasar generasi milenial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement