Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Instagram, WhatsApp, dan Facebook Down Serentak

Selasa 05 Oct 2021 00:48 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Christiyaningsih

Sebuah ilustrasi foto menunjukkan logo aplikasi perpesanan media sosial Whatsapp. Instagram, Facebook, dan WhatsApp down serentak pada Senin (4/10) malam.

Sebuah ilustrasi foto menunjukkan logo aplikasi perpesanan media sosial Whatsapp. Instagram, Facebook, dan WhatsApp down serentak pada Senin (4/10) malam.

Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Instagram, Facebook, dan WhatsApp down serentak pada Senin (4/10) malam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Raksasa media sosial Instagram, Facebook, dan WhatsApp down serentak pada Senin (4/10) malam. Diduga pemadaman ini tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga di banyak negara.

Berdasarkan pantauan Republika, aplikasi Instagram, WhatsApp, maupun Facebook mengalami down sejak pukul 23.00 WIB. Keluhan para pengguna aplikasi tersebut juga membanjiri jagat Twitter.  

Baca Juga

Keluhan terhadap aplikasi pesan ini menempati peringkat pertama di Twitter dengan jumlah cuitan mencapai 2,12 juta tweet. Sedangkan peringkat kedua diisi oleh Instagram dengan hashtag #instagramdown dengan 180 ribu tweet.

Menanggapi keluhan atas gangguan tersebut, juru bicara WhatsApp buka suara. Melalui unggahan di Twitter, pihaknya mengatakan saat ini tengah memperbaiki gangguan tersebut.

"Kami sadar bahwa beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp. Kami sedang berupaya untuk memperbaiki agar kembali normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin. Terima kasih atas kesabaran Anda!"

Hal senada juga diungkapkan oleh pihak Facebook dalam sebuah pernyataan di Twitter. Juru bicara Facebook menyampaikan permohonan maaf mereka dan akan segera memperbaiki gangguan tersebut.

Baca juga : Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Dakwah

"Kami sadar bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang bekerja agar semuanya kembali normal secepat mungkin dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," cuit Facebook.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA