Thursday, 24 Jumadil Akhir 1443 / 27 January 2022

Thursday, 24 Jumadil Akhir 1443 / 27 January 2022

Gerindra Dukung Usulan Pencoblosan Pemilu pada 15 Mei 2024

Ahad 03 Oct 2021 14:07 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan

Ketua Harian DPP Partai Gerindra

Ketua Harian DPP Partai Gerindra

Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Partai Gerindra dukung usul pemerintah soal tanggal pencoblosan pemilu 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Gerindra DPR RI mendukung dan menyambut baik sikap pemerintah yang mengusulkan pemungutan suara Pilpres  mendatang digelar 15 Mei 2024. Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan pertimbangan Gerindra mendukung wacana pemungutan suara pada 15 Mei itu adalah demi efektifitas dan efisiensi Pemilu 2024.

"Setelah melalui berbagai pertimbangan dan kajian yang mendalam, kami mendukung usulan pemerintah terkait dengan waktu pelaksanaan Pemilu tanggal 15 Mei," kata Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, Minggu 3 Oktober 2021," kata Dasco dalam keterangan tertulisnya, Ahad (3/10).

Baca Juga

"Saya fikir, pada prinsipnya begini, pelaksanaan pemilu 2024 harus berjalan dengan efektif dan efisien, artinya, seluruh tahapan Pemilu harus dipastikan berjalan dengan baik," imbuhnya.

Namun demikian, Dasco menambahkan, kebutuhan anggaran juga perlu diperhatikan. Hal itu mengingat porsi anggaran negara untuk Pemilu yang terbatas.

"Jadi, kalau toh pencoblosan Pemilu tanggal 15 Mei 2024 ini disepakati, maka pelaksanaan waktu kampanye baik Pileg maupun Pilkada relatif pendek. Sehingga diharapkan kebutuhan Pemilu dapat lebih efisien dan tidak terlalu membebani anggaran negara," tegas Dasco.

Sebelumya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengatakan, pemerintah mengusulkan pelaksanaan Pemilu 2024 pada 15 Mei. Ia menyebut, hal ini berdasarkan hasil rapat internal yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Ma'aruf Amin, dan sejumlah kementerian terkait pada Senin (27/9).

"Pilihan pemerintah adalah 15 Mei," kata Mahfud dalam keterangannya, Senin. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA