Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Koin Islam Langka dari Dinasti Abbasiyah Ditemukan di UEA

Jumat 01 Oct 2021 05:15 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Koin Islam Langka dari Dinasti Abbasiyah Ditemukan di UEA. Koin Berusia 1.000 Tahun Ditemukan di Sharjah

Koin Islam Langka dari Dinasti Abbasiyah Ditemukan di UEA. Koin Berusia 1.000 Tahun Ditemukan di Sharjah

Foto: The National News
Beberapa koin ditemukan dalam guci tembikar bergaya Abbasiyah.

REPUBLIKA.CO.ID, SHARJAH -- Sebuah tim peneliti dari Otoritas Arkeologi Sharjah menemukan beberapa koin Islam kuno di wilayah tengah Sharjah. Temuan itu terdiri dari dirham perak langka yang berasal dari Dinasti Abbasiyah.

Dilansir dari Khaleej Times, Rabu (29/9), koin-koin tersebut memuat ikonografi lima khalifah dari periode tersebut, yakni Khalifah Abu Jaafar Al Mansour, Khalifah Mohamed Al Mahdi, Khalifah Haroun Al Rashid, Khalifah Mohamed Al Amin dan Khalifah Abu Jaafar Abdullah Al Maamoun. Mereka juga termasuk 'dirham-link' perak Lady Zubaida (Umm Jaafar), istri Haroun Al Rashid. Sebuah koin tembaga Abbasiyah juga ditemukan.

Baca Juga

Direktur Jenderal Otoritas Sabah Aboud Jasim mengatakan penemuan tersebut menegaskan kehadiran awal Dinasti Abbasiyah di wilayah tersebut. Ini mencatat beberapa koin ditemukan dalam guci tembikar bergaya Abbasiyah yang berasal dari abad ke-9 dan ke-10 Masehi.

Koin-koin tersebut dicetak di beberapa wilayah geografis dan administratif selama tahun 154-199 periode Hijriyah (akhir abad ke-8 hingga awal abad ke-9 masehi). Ini termasuk koin dari Maroko (Al Abbasiya 154-166 H), Persia (Kura Al Mahdia 154 H), provinsi Al-Rai (Al-Jibal) (Kota Al Muhammadiya 192 H), Wilayah Khorasan (182.186 dan 194 H), Armenia (191 H) dan Transoxiana (190, 198 dan 199 H).

Penemuan ini mendokumentasikan periode penting dalam sejarah Sharjah dan UEA selama Dinasti Abbasiyah. Selain itu, menyoroti aktivitas komersial yang terjadi di UEA dan di wilayah tengah Sharjah.

Koin-koin tersebut, yang melakukan perjalanan di sepanjang beberapa rute perdagangan utama ke Teluk Arab dan UEA, mengonfirmasi kawasan itu merupakan pusat perdagangan penting selama periode itu. 

https://www.khaleejtimes.com/news/uae-rare-islamic-coins-from-abbasid-dynasty-discovered-in-sharjah

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA