Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Olahraga Ini 3x Lebih Bermanfaat Dibandingkan Jalan Santai

Kamis 30 Sep 2021 12:40 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Olahraga berjalan (ilustrasi).

Olahraga berjalan (ilustrasi).

Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
129 langkah atau lebih dari 130 langkah per menit sangat ideal untuk kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak dapat disangkal, berjalan adalah bentuk olahraga yang bagus. Olahraga ini sangat mudah. Anda dapat melakukannya di mana saja dan tidak perlu peralatan mahal atau keanggotaan untuk memulai. 

Bagi banyak orang, mencapai tujuan harian tertentu, baik itu 7.000 atau 10 ribu langkah, sudah cukup untuk membuat mereka merasa berenergi dan sehat. Namun, penelitian baru menunjukkan bahwa ada latihan yang tidak hanya lebih efektif dibandingkan berjalan kaki setiap hari, tapi juga tiga kali lebih bermanfaat dibandingkan berjalan kaki untuk kesehatan Anda.

Sebuah studi pada 2021 yang diterbitkan dalam European Heart Journal terhadap 2.070 orang dewasa yang berpartisipasi dalam Framingham Heart Study, mengukur jumlah latihan yang mereka lakukan menggunakan akselerometer. Peneliti menemukan olahraga sedang atau berat yang didefinisikan sebagai melangkah 100 hingga 129 langkah per menit atau lebih dari 130 langkah per menit sangat ideal untuk kesehatan. Olahraga jenis ini diklaim tiga kali lebih bermanfaat dibandingkan jalan santai (kecepatan antara 60 dan 99 langkah per menit).

"Kami terkejut melihat bahwa aktivitas intensitas tinggi juga lebih efisien daripada berjalan dalam meningkatkan kemampuan tubuh untuk memulai. Dan mempertahankan tingkat pengerahan tenaga yang lebih rendah," jelas Matthew Nayor, MD, MPH , seorang ahli jantung di Boston Medical Center, asisten profesor kedokteran di Universitas Boston dan penulis utama studi tersebut seperti dilansir di laman Eat This Not That, baru-baru ini.

Jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan tingkat kebugaran atau memperlambat penurunan kebugaran yang tak terhindarkan yang terjadi dengan penuaan, lakukan setidaknya aktivitas tingkat sedang lebih dari tiga kali lebih efisien daripada hanya berjalan pada waktu yang relatif lama. irama rendah.

Baca juga : Tips Memilih Vitamin yang Baik

Terlebih lagi, tim Nayor menemukan aktivitas yang lebih kuat sebenarnya dapat memerangi beberapa masalah kesehatan yang terkait dengan gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Mereka mengamati bahwa individu dengan langkah lebih tinggi dari rata-rata per hari atau aktivitas fisik sedang memiliki tingkat kebugaran yang lebih tinggi dari rata-rata, terlepas dari berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk menetap. 

"Jadi, tampaknya banyak efek negatifnya bahwa menjadi tidak aktif terhadap kebugaran dapat diimbangi dengan juga memiliki tingkat aktivitas dan olahraga yang lebih tinggi,” jelas Nayor.

Jadi, jika Anda ingin meningkatkan tingkat kesehatan dan kebugaran Anda secara keseluruhan, Anda tidak perlu menukar jalan kaki setiap hari dengan rutinitas latihan yang berat, Anda mungkin hanya ingin sedikit mempercepatnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA