Kamis 30 Sep 2021 01:42 WIB

Kemendagri Terima Data Pemilih Terakhir Pemilu 2019

Data yang diberikan untuk penyempurnaan data pemilih pemilu 2024.

Kemendagri Terima Data Pemilih Terakhir Pemilu 2019
Foto: Dok Republika
Kemendagri Terima Data Pemilih Terakhir Pemilu 2019

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam mewujudkan good governance, salah satu langkah yang diambil oleh KPU adalah melakukan Open Data. Open Data merupakan pemberian akses data yang menganut asas transparansi dan akuntabilitas dalam format yang mudah digunakan pada Pemerintah maupun masyarakat.

Dalam sambutannya, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bahtiar menerima dan menyambut baik data hasil perolehan suara dan data pemilih terakhir Pemilu Tahun 2019 secara transparan yang diserahkan oleh KPU RI pada Rabu, (29/9) yang bertempat di kantor KPU.

Baca Juga

Bahtiar mengatakan bahwa Hal ini tentu saja menjadi bagian sumbangsih masukan bagi pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri dalam penyempurnaan Daftar Pemilih baik itu Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dan Data Agregat Kependudukan per-Kecamatan (DAK2) untuk penyelenggaraan Pemilu ke depan.

Bahtiar memaparkan bahwa Pemilu Tahun 2019 menghasilkan angka partisipasi yang baik, yaitu: (81, 97%) untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, (81,69%) untuk Pemilu Anggota DPR, dan (82, 52%) untuk Pemilu Anggota DPD.

Keberhasilan penyelenggaraan Pemilu tentu saja tidak hanya dilihat pada angka-angka partisipasi yang dapat dihitung secara kuantitatif, namun yang jauh lebih penting dan menjadi pekerjaan rumah kita bersama adalah bagaimana meningatkan kualitas demokrasi kita,” tegasnya

Hasil Pemilu diharapkan membawa dampak nyata yang hasilnya bisa dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia, menghasilkan pemimpin dan wakil rakyat yang mampu mensejahterakan rakyat seperti cita-cita bangsa Indonesia. Untuk itu kerjasama dan kolaborasi seluruh stakeholders, terutama Pemerintah dan Penyelenggara Pemilu harus kita tingkatkan.

Bahtuar berharap agar kita semua sekalian untuk terus bersinergi dan membangun soliditas dengan jajaran penyelenggara Pemilu dalam persiapan mendukung kesuksesan perhelatan demokrasi termasuk melakukan perbaikan-perbaikan catatan hasil evaluasi pelaksanaan tahun 2019 dan langkah sukses pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Turut hadir dalam rapat ini Ketua KPU RI, Perwakilan Ketua Bawaslu, Perwakilan Ketua DKPP, Perwakilan Partai Politik Pemenang 2019, Sekjen KPU RI serta LSM Penggiat Pemilu.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement