Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Rencana Konser Musik, Begini Penjelasan Ketua MUI Soal Shaf

Rabu 29 Sep 2021 20:15 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis, menyatakan shaf rapat sholat dengan tetap pakai masker

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis, menyatakan shaf rapat sholat dengan tetap pakai masker

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kiai Cholil Nafis menyatakan shaf rapat sholat dengan tetap pakai masker

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis, merespons rencana diperbolehkannya konser music di tengah pandemi. 

Kiai Cholil, melalui cuitannya di media sosial pun, sempat meminta agar umat kembali merapatkan shaf, sebagai respons atas rencana tersebut. Dia pn menyampaikan penjelasan soal pentingnya merapatkan shaf saat melaksanakan sholat berjamaah. 

Baca Juga

Dia mengawali pemaparannya dengan mengutip Surat Ash Shaff ayat 4.  Allah SWT berfirman: 

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الَّذِينَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِهِ صَفًّا كَأَنَّهُمْ بُنْيَانٌ مَرْصُوصٌ  "Sesungguhnya Allah mencintai orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh." 

Kiai Cholil menjelaskan, Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya untuk membuat satu shaf (barisan) yang kuat dan kokoh. Bahkan Nabi SAW mencela sholat berjamaah yang di dalam shafnya terdapat celah atau renggang. Rasulullah SAW bersabda: 

أَقِيمُوا الصُّفُوفَ وَحَاذُوا بَينَ المنَاكِب، وسُدُّوا الخَلَلَ، وَلِينُوا بِأَيْدِي إِخْوَانِكُمْ، وَلا تَذَرُوا فَرُجَاتٍ للشيْطانِ، ومَنْ وصَلَ صَفًّا وَصَلَهُ اللَّه، وَمَنْ قَطَعَ صَفًّا قَطَعهُ اللَّه 

"Luruskanlah shaf kalian. Sejajarkanlah pundak-pundak kalian. Tutuplah celah. Janganlah kalian membiarkan ada celah untuk setan. Siapa yang menyambung shaf, maka Allah akan menyambung hubungan dengannya, dan siapa yang memutus shaf maka Allah akan memutuskan hubungan dengannya.” (HR Abu Dawud) 

Dalam riwayat an-Nu'man bin Basyir, Rasulullah SAW juga bersabda sebagai berikut: 

 لتُسَوُّن وجوهكم أو ليخالفن الله بين وجوهكم "Hendaknya kalian meluruskan shaf kalian. Bila tidak, Allah akan membuat wajah kalian berselisih." (HR Bukhari dan Muslim)

Di masa pandemi Covid-19 ini, Kiai Cholil mempersilakan umat Muslim yang berada di wilayah PPKM level 1 atau zona hijau untuk merapatkan kembali shaf saat melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Namun dengan catatan, masker tetap digunakan.

"Saya memberikan saran, bahwa mereka yang berada di tempat yang save, zona hijau atau PPKM level 1, silakan rapatkan shafnya, tetapi tetap sholatnya pakai masker," kata dia.

Kiai Cholil menjelaskan, hal itu berdasarkan fatwa MUI 14/2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi terjadi wabah Covid-19. Selain berdasarkan fatwa MUI, dia memberi saran tersebut setelah memperoleh informasi dari ahli bahwa orang yang menggunakan masker itu 85 persen bisa menghindari penularan Covid-19.

"Maka sekarang kita kembali pada shaf yang rapat, rapat yang teratur. Kita mengikuti perintah Nabi. Tapi kita tetap menghindari (penularan Covid-19) dengan cara pakai masker. Setelah itu (setelah sholat selesai), ya tidak usah rapat lagi. Bisa dijaga jaraknya," tuturnya kepada Republika.co.id, Rabu (29/9). 

Namun Kiai Cholil juga mengingatkan, sebelum memutuskan soal dirapatkannya shaf, masyarakat Muslim yang berada di zona hijau atau wilayah PPKM level 1 tetap harus terlebih dulu berkonsultasi dengan Satgas Covid-19. "Dan juga bermusyawarah dengan jamaah masjid sekitar," ujarnya.  

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA