Wednesday, 7 Zulhijjah 1443 / 06 July 2022

Pemkot Sukabumi Dorong Bangun Infrastruktur di Perbatasan

Rabu 29 Sep 2021 16:58 WIB

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi membuka program BSMSS dengan membangun jalan tembus di Kecamatan Baros dan Cibeureum, Rabu (29/9

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi membuka program BSMSS dengan membangun jalan tembus di Kecamatan Baros dan Cibeureum, Rabu (29/9

Foto: riga nurul iman
Dukungan lintas sektor, membuat infrastruktur akan jadi daya ungkit ekonomi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Kota Sukabumi akan membangun jalam tembus di daerah perbatasan. Pembangunan infrastruktur ini dalam rangka mendongkrak ekonomi warga.

Salah satunya melalui kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Kodim 0607 Kota Sukabumi Tahun 2021. Pembukaan kegiatan dilakukan di Aula Kecamatan Baros, Rabu (29/9) dan dihadiri Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo, Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin, dan Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada.

'' Pelaksanaan BSMSS digelar di dua titik yakni Kelurahan/Kecamatan Baros dan Kelurahan Sindang Palay Kecamatan Cibeureum,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. BSMSS ini mewujudkan kebersamaan dan keguyuban antara pemerintah daerah, aparat TNI, Polri dan masyarakat.

Kegiatan ini mendapatkan dukungam penuh Pemprov Jabar sehingga masuk ke Kota Sukabumi yang sudah rutin digelar. Sebelumnya pada 2019 lalu digelar TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kota Sukabumi setelah 10 tahun tidak terlaksana. Intinya bagaimana terjadi percepatan pembangunan infrastruktur.

Semangatnya antara BSMSS dan TMMD sama, namun BSMSS lingkup RW dan kelurahan serta lingkungan sekitar. Di mana BSMSS memberdayakan dan mengaktivasi warga dan tokoh masyarakat dengan lingkunggan sekitar yang mempunyai potensi.

'' BSMSS kali ini membangun jalan tembus, ketika secara fisik selesai meninkatkan daya ekonomi warga,'' kata Fahmi. Dengan percepatan infrastruktur yang awalnya tidak ada jalan maka ekonomi akan meningkat misalnya harga lahan naik dan mobilitas barang dan orang lancar.

Harapannya BSMSS ini menjadi bagian dalam kerangka hidupkan potensi yang ada di wilayah dan terjasi pemberdayaan warga dalam pendayagunaan potensi. BSMSS tersebut dapat terlaksana dengan dukungan masyarakat bersama pemerintah, TNI, dan Polri aktivasi gotongroyong yang jadi ciri NKRI.'' Saya titip pesan mari sama-sama dukung program ini karena memiliki nilai kegotongroyongan,'' kata Fahmi.

Dengan dukungan lintas sektor,  infrastruktur yang baik maka akan jadi daya ungkit ekonomi, pendidikan serta yang lainnya. Karena masih pandemi, maka pelaksanan BSMSS ini dengan menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo mengatakan, BSMSS ini merupakan bentuk kolaborasi antara TNI dengan berbagai elemen lainnya. Harapanya program ini dapat dirasakan manfaatnya oleh warga.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA