Wednesday, 7 Zulhijjah 1443 / 06 July 2022

Saudi Kucurkan Rp 185 T Ubah Pesisir Jadi Pusat Wisata

Rabu 29 Sep 2021 11:58 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Saudi Kucurkan Rp 185 T Ubah Pesisir Jadi Pusat Wisata. Duba Port City,  Hamparan Pantai Indah di Arab Saudi

Saudi Kucurkan Rp 185 T Ubah Pesisir Jadi Pusat Wisata. Duba Port City, Hamparan Pantai Indah di Arab Saudi

Foto: saudigazette.com
Program tersebut ditargetkan menggaet 10 juta wisatawan.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kerajaan Arab Saudi berencana menggelontorkan uang sebesar 13 miliar dolar AS atau setara Rp 185 triliun untuk mengubah wilayah pesisir menjadi pusat pariwisata. Program tersebut ditargetkan akan mampu menggaet 10 juta wisatawan.

"Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman meluncurkan strategi 50 miliar riyal (13 miliar dolar AS) pada Selasa untuk mengembangkan wilayah Aseer di pantai Laut Merah menjadi pusat pariwisata yang akan menarik 10 juta pengunjung pada 2030," menurut kantor berita negara SPA.

Baca Juga

Dilansir dari Khaleej Times, Rabu (29/9), Kerajaan Arab Saudi sangat tertutup bagi pariwisata asing dan bagi wisatawan domestik pun sangat terbatas. Tetapi mulai 2016, Putra Mahkota Mohammed Bin Salman memulai gebrakan pertamanya dan membuka besar-besaran situs wisata bagi turis domestik maupun asing. 

Putra Mahkota membawa perubahan sosial dan mendiversifikasi ekonomi Kerajaan dari ketergantungannya pada minyak. Sejak itu, Arab Saudi juga telah memperkenalkan visa turis untuk pengunjung asing dan meluncurkan serangkaian proyek pariwisata, termasuk di sepanjang pantai Laut Merah. Pemerintah mengatakan ingin sektor tersebut berkontribusi 10 persen terhadap produk domestik bruto pada 2030.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA