Rabu 29 Sep 2021 12:30 WIB

10 Desa Terbaik dalam Keterbukan Informasi

10 desa terbaik dalam keterbukaan informasi diberi penghargaan.

Rep: Rizky Suryarandika./ Red: Muhammad Hafil
10 Desa Terbaik dalam Keterbukan Informasi. Foto: Komisi Informasi (ilustrasi).
Foto: diskominfokepri.info
10 Desa Terbaik dalam Keterbukan Informasi. Foto: Komisi Informasi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Informasi Pusat (KIP) dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) mengganjar 10 desa di Indonesia dengan penghargaan karena berhasil menjalankan keterbukaan informasi publik.

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Right to Know Day (RTKD) atau Hari Hak Untuk Tahu Internasional yang diperingati setiap 28 September di seluruh dunia.

Baca Juga

Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana berharap pemaknaan peringatan Right to Know day menyasar hingga pedesaan. Ia menekankan pentingnya menjalankan prinsip Right to Know day, salah satunya hak setiap orang untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya.

"Tentu saja pemaknaan Right to Know day harus tersebar secara meluas hingga ke tingkat desa-desa di seluruh Indonesia," kata Gede dalam keterangan pers yang diterima Republika, Selasa (28/9).

Gede menyebut Indonesia sebagai negara ke-5 di Asia yang memberlakukan Undang-undang (UU) tentang pemenuhan hak atas informasi secara khusus. Hal tersebut tertuang dalam UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

"Komitmen keterbukaan informasi harus terus dikuatkan terutama pada hari ini di mana hari hak untuk tahu secara internasional diperingati di kota Sofia, Bulgaria," ucap Gede.

Tepat pada peringatan Right to Know day tahun 2021, KI pusat bersama Kemendes-PDTT memberi apresiasi kepada 10 desa yang menjalankan keterbukaan informasi secara memadai. Pemilihan 10 desa ini berdasarkan penjurian. Ke-10 desa ini dalam kurun waktu 5 bulan sanggup melakukan implementasi Keterbukaan Informasi Publik desa.

"Kami berikan apresiasi tertinggi kepada 10 desa yang memiliki nilai tertinggi dalam melakukan Keterbukaan Informasi Publik," ucap Gede.

Berikut daftar 10 desa terbaik dalam keterbukaan informasi :

1.       Desa Sendang Wonogiri, Jawa Tengah

2.       Desa Punggul, Badung, Bali

3.       Desa Blang Kolak 1, Aceh Tengah, Aceh

4.       Desa Cibiru Wetan, Bandung, Jawa Barat

5.       Desa Kumbung Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

6.       Desa Kabuna, Belu, Nusa Tenggara Timur

7.       Desa Pohea Sanana, Maluku Utara

8.       Desa Karangsari Kulonprogo, DIY

9.       Desa Kedungsumber, Bojonegoro, Jawa Timur

10.     Desa teluk Kapuas Kubu Raya, Kalimantan Barat   

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement