Selasa 28 Sep 2021 20:04 WIB

Tokopedia Berharap UMKM Bisa Miliki Brand Nasional

UMKM Indonesia diharapkan dapat mendunia.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Fuji Pratiwi
Ilustrasi Tokopedia. Tokopedia mendorong UMKM naik kelas.
Foto: tokopedia.com
Ilustrasi Tokopedia. Tokopedia mendorong UMKM naik kelas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menandatangani nota kesepahaman dengan Tokopedia. Hal itu guna pengembangan dan transformasi digital Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (KUMKM), 

Kerja sama tersebut bertujuan mendorong pelaku KUMKM agar memanfaatkan teknologi informasi dalam mendorong akselerasi usaha. Adapun penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan oleh Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim, dengan CEO dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya. 

Baca Juga

CEO dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya menyampaikan, Tokopedia senang dapat berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM. Melalui kolaborasi ini diharapkan lebih banyak lagi lahir, tidak sebatas usaha mikro kecil menengah, tapi bisa naik kelas menjadi usaha dengan brand nasional, dan menjadi brand masa depan Indonesia.

"Kita harap mereka tidak hanya menjadi tuan rumah di negara sendiri, melainkan juga mampu membawa nama Indonesia di panggung dunia," kata William dalam penandatanganan MoU Kemenkop UKM dengan Tokopedia secara daring, Selasa (28/9).

Perlu diketahui, penandatanganan nota kesepahaman meliputi, pengembangan usaha koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah berbasis digital. Lalu pengembangan kapasitas sumber daya manusia bagi koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah dalam rangka peningkatan kompetensi dan daya saing melalui pemasaran digital. 

Lebih lanjut, fasilitasi pelatihan pembukaan akun toko dan pemasaran produk koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah; fasilitasi perizinan berusaha yang terkait dengan usaha mikro, kecil dan menengah. Kemudian publikasi dan sosialisasi program kerja sama, serta pertukaran data dan informasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement