Selasa 28 Sep 2021 11:07 WIB

UBSI Tegal Hibahkan Aplikasi SIRAD, untuk Balai Desa Bangsri

SIRAD digunakan sebagai salah satu alternatif pengganti publikasi realisasi anggaran

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tegal menghibahkan aplikasi berbasis website yang bernama SIRAD (Sistem Informasi Realisasi Anggaran Desa) kepada Balai Desa Bangsri Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Rabu (22/9).
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tegal menghibahkan aplikasi berbasis website yang bernama SIRAD (Sistem Informasi Realisasi Anggaran Desa) kepada Balai Desa Bangsri Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Rabu (22/9).

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tegal menghibahkan aplikasi berbasis website yang bernama SIRAD (Sistem Informasi Realisasi Anggaran Desa) kepada Balai Desa Bangsri Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Rabu (22/9) silam.

Hibah aplikasi ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat dari Universitas BSI kampus Tegal, yang menjadi hasil luaran dari Tugas Akhir (TA) mahasiswi Prodi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) yakni Rosi Yulinda Surlily dan Kenti Subalaksana. Rosi Yulinda Surlily mengungkapkan SIRAD merupakan aplikasi berbasis website yang digunakan sebagai alternatif publikasi.

Baca Juga

“SIRAD digunakan sebagai salah satu alternatif pengganti publikasi realisasi anggaran desa yang masih minim dan masih menggunakan spanduk yang dipasang di depan kantor Balai Desa. Sehingga dengan adanya aplikasi ini, masyarakat lebih mudah ketika ingin mengetahui informasi seputar Desa Bangsri, baik itu tentang kegiatan yang dilaksanakan atau bahkan realisasi anggaran desa dengan melalui website Anggaran Desa Bangsri,” ungkapnya dalam rilis yang diterima, Senin (27/9).

Menurut Rosi, pembuatan aplikasi ini tentunya didukung oleh dosen pembimbing dan pihak kantor Balai Desa Bangsri yang selalu mendampingi dalam menyelesaikan pembuatan aplikasi SIRAD ini. Rosi berharap, aplikasi ini dapat memberikan manfaat bagi perangkat desa dan masyarakat.

Sementara itu, Warjiyono selaku Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) turut serta memberikan sosialisasi pelatihan penggunaan aplikasi SIRAD kepada kepala desa dan perangkat desa Bangsri.

“Tentunya kita tidak hanya langsung menghibahkan saja, tetapi harus dibarengi dengan penggunaan aplikasinya, maksud dan tujuan, fitur dan fungsi apa saja yang ada di dalam aplikasi SIRAD ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ferdain Susanto, selaku Kepala Desa Bangsri menanggapi hibah aplikasi SIRAD ini dengan senang. Menurutnya, aplikasi ini sangat membantu perangkat desa dalam pengelolaan anggaran desa.

“Terima kasih kepada kampus Universitas BSI yang sudah menghibahkan aplikasi ini. SIRAD sangat membantu pengelolaan anggaran desa dan penggunaanya juga mudah diterapkan kepada para perangkat desa. Semoga dari aplikasi ini, bisa terjalin silaturahmi antara Universitas BSI dengan Desa Bangsri untuk kegiatan-kegiatan lainnya,” tutup Ferdain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement