Ini Kata Perbasi Soal Tim Basket Putri Mundur dari PON

logo PON XX Papua
logo PON XX Papua
Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PP Perbasi menyerahkan persoalan mundurnya tim bola basket putri Jambi dari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 kepada KONI Daerah Jambi dan KONI Pusat. Alasannya, kedua pihak tersebut yang bertanggung jawab atas keikutsertaan kontingen di PON. Adapun PP Perbasi berstatus sebagai pelaksana teknis di lapangan. 

"Kami tidak tahu apa alasan Jambi hingga akhirnya tidak jadi turun di PON Papua. Di PON Papua, kami hanya sebagai pelaksana teknis. Terkait persoalan ini KONI Pusat dan KONI Daerah-lah yang lebih paham," jelas Ketum PP PERBASI Danny Kosasih dalam keterangan media yang diterima Republika.co.id, Selasa (28/9) pagi.

Baca Juga

Sebagaimana diketahui, awalnya tim basket putri Jambi masuk dalam Pool Y untuk bola basket 5x5. Di sana ada tuan rumah Papua, Sulawesi Selatan, dan DKI Jakarta. Sedangkan di Pool X ada Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Jawa Tengah. Dengan mundurnya Jambi, maka tiket semifinal Pool Y akan diperebutkan Papua, DKI Jakarta, dan Sulawesi Selatan.

Pertarungan basket 5x5 akan dimulai pada Rabu (29/9) dengan mempertemukan tim putra Bangka Belitung melawan Sulawesi Utara di Pool B. Sementara Pool Y baru akan memulai pertandingan pada Kamis (30/9) di Mimika Sport Center, mempertemukan Sulawesi Selatan dengan DKI Jakarta. 

Pertandingan akan berlangsung hingga Sabtu (9/10) untuk menentukan peraih medali di cabang basket 5x5.

Selesai di 5x5, kemudian pertandingan berlanjut kke basket 3x3. Laga akan dimulai pada 12 Oktober dengan pertandingan DKI Jakarta melawan Kalimantan Barat dari Pool A. Pertandingan akan berlangsung hingga 14 Oktober.

Untuk peserta dari 3x3 tidak ada perubahan. Pool A kategori putera diisi Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Papua, dan Jawa Tengah. Kemudian di Pool B ada Jawa Barat, Riau, DKI Jakarta, dan Sumatera Utara. Selanjutnya Pool A Putri dihuni DKI Jakarta, Sumatera Barat, Papua, dan Kalimantan Barat. Adapun Pool B dan Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan.

Wakil Ketua Umum PP Perbasi Bidang Pembinaan Prestasi George Fernando Dendeng menambahkan, ia berharap seluruh panitia dan peserta bisa saling dukung dalam pelaksanaan pertandingan PON Papia agar bisa sukses dari sisi penyelenggaraan.

Komentar

Terkait


Atlet sepatu roda putri Papua Deitalianis Stugriam (kanan) dan Zhahwa Harmalia Putri (kiri) menyapa penonton usai upacara pengalungan medali pada final 400 meter individual time trial (ITT) putri PON Papua di Arena Klemen Tinal Roller Sport, Kota Jayapura, Papua, Senin (27/9/2021). Atlet sepatu roda Papua Deitalianis Stugriam berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 35,367 detik sementara medali perak diraih atlet sepatu roda DKI Jakarta Latisha Luna Sasmito (35,435 detik) dan medali perunggu disabet Zhahwa Harmalia Putri asal Papua (35,460 detik).

Jelang Pembukaan PON, Baru Tiga Provinsi Raih Emas

logo PON XX Papua

Jadwal Sepak Bola Putra PON Papua: Dua Wakil Sumatra Beraksi

Prosesi penutupan Eksibisi Esports PON Papua XX.

Eksibisi Esports PON XX Tunjukkan Kekuatan Daerah Merata

Atlet panjat tebing Jawa Tengah Aries Susanti beradu cepat dengan lawannya asal DKI Jakarta Mudji Mulyani dalam babak kualifikasi Speed Klasik Tim Mix cabang panjat tebing Papua di Arena Panjat Tebing SP 2 Kabupaten Mimika, Papua, Senin (27/9/2021).

Jadwal Kualifikasi Panjat Tebing PON XX di Mimika Hari Ini

Mantan atlet Papua Roni Wabia dan Ortisan Solosa membawa obor Api PON XX di kantor Bupati Sorong, Papua Barat, Senin (27/9/2021). Pemerintah Provinsi Papua Barat turut mengambil bagian dalam pesta olah raga PON XX di Papua dengan memberikan Api Abadi yang diambil dari wilayah Sorong sebagai bentuk dukungan pemerintah setempat terhadap pelaksanaan PON XX di Papua.

Menko PMK: Penonton PON Papua Harus Sudah Divaksin Dosis 2

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image