Senin 27 Sep 2021 19:38 WIB

Web Puisi Esai Hadir dalam Versi Bahasa Inggris

Diharapkan karya-karya puisi esai akan bisa go international.

Web Puisi Esai
Foto: istimewa/tangkapan layar
Web Puisi Esai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Denny JA meluncurkan web Puisi Esai dalam versi bahasa Inggris. Diharapkan karya-karya anak bangsa bisa go international.

“Saatnya karya anak bangsa goes international!” kata Denny JA, dalam siaran pers, Senin (27/9).

Menurut Denny JA, ada empat hal istimewa dalam web puisi esai ini.  Pertama, web ini menjadi contoh lahirnya genre baru dalam sastra. Dari sebelumnya tidak ada, kini telah lebih 150 buku puisi esai lahir. "Seluruh buku ini ditulis oleh lebih dari 200 penyair, penulis, aktivis, ilmuwan bahkan politisi,” ungkap Denny.

Puisi esai yang pertama kali, hadir melalui buku Atas Nama Cinta karya Denny JA, pada 2012). Bahkan kini puisi esai resmi menjadi kata baru dalam kamus bahasa Indonesia sejak  Mei tahun 2020.

Kedua, menurut Denny, puisi esai ini tak hanya hadir dalam bentuk buku teks. Ia juga hadir dalam bentuk video animasi dan film. Lima karya puisi esai Denny JA terkait isu diskriminasi, telah difilmkan oleh Hanung Bramantyo.

Ketiga, puisi esai yang lahir di Indonesia, kini mulai goes internasional. Menurut Denny, telah terbit buku puisi esai yang ditulis penyair dari Malaysia, Singapura, Thailand hingga Brunei Darusallam.

"Terbentuk pula komunitas puisi esai esai ASEAN yang dipimpin oleh Datuk Jasni Matlani dari Malaysia,” kata Denny. Selaku penggagas puisi esai, Denny, telah mendapatkan penghargaan tingkat ASEAN dari Malaysia.

Buku, video animasi dan film berdasarkan puisi esai sudah pula diterjemahkan ke bahasa Inggris. Jumlah buku puisi esai yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa inggris sebanyak 39 buku. Sisa 119 buku puisi esai lainnya masih dalam bahasa Indonesia.

"Total 13 film puisi esai juga sudah dengan teks bahasa Inggris. Sebanyak 43 video animasi juga ditampilkan dengan teks bahasa Inggris,” papar Denny.

Budaya Indonesia, menurut Denny, sudah saatnya diperkenalkan kepada komunitas internasional. Salah satunya jalannya adalah dengan  menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris. "Web Puisi Esai itu dapat dilihat di alamat www.puisiesai.com,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement