Senin 27 Sep 2021 16:52 WIB

2 Operator Jadi Mitra Penyediaan Layanan 4G di Daerah 3T

XL dan Telkomsel akan menjadi penyedia jaringan 4G di daerah 3T

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Teknologi 4G
Foto: Foto : MgRol_94
Ilustrasi Teknologi 4G

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengumumkan operator seluler pemenang mitra kerja sama BLU Bakti Kominfo dalam penyediaan layanan seluler BTS 4G di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T). Operator seluler yang akan bekerjasama dengan BLU Bakti didominasi dua operator yakni PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) dan PT XL Axiata Tbk.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, operator seluler pemenang ini akan bekerjasama dengan BLU Bakti Kominfo dalam menyediakan layanan seluler di sembilan area paket kerjasama wilayah 3T. Sembilan area paket antara lain, wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua Barat, Papua Tengah Barat, Papua Tengah Utara dan Papua Timur Selatan.

 

"Pemenang pemilihan mitra KSO BLU Bakti Kominfo di setiap area paket kerjasama ditentukan berdasarkan rekam jejak setiap peserta pemilihan dalam menyediakan layanan seluler kepada masyarakat Indonesia, serta kemampuan peserta untuk menyediakan layanan seluler 4G yang berkelanjutan," ujar Johnny dalam konferensi pers secara daring, Senin (27/9).

 

Johnny menjelaskan, PT Telkomsel akan bekerjasama dengan BLU Bakti Kominfo di delapan area paket wilayah 3T yakni area 2 Nusa Tenggara, area 3 Kalimantan, area 4 wilayah Sulawesi, area 5 Maluku, area 6 Papua Barat, area 7 Papua Tengah Barat, area 8 Papua Tengah Utara, area 9 wilayah Papua Timur Selatan.

 

Sedangkan PT XL Axiata Tbk akan menjadi mitra BLU Bakti Kominfo di dua area paket yakni area 1 wilayah Sumatera dan area Papua Timur Selatan bersama-sama dengan PT Telkomsel.

 

Johnny berharap kerja sama para mitra dan BLU Bakti Kominfo berjalan lancar dalam penyediaan layanan seluler 4G di wilayah 3T.

 

"Semoga seluruh proses pembangunan infrastruktur BTS hingga penyediaan layanan seluler 4G dapat berjalan dengan lancar agar layanan seluler 4G dapat bermanfaat untuk mendorong pengembangan ekonomi digital bagi saudara-saudara sebangsa kita di wilayah 3T serta dukungan untuk kehidupan krmasyarakatan dalam keseharian kehidupan," kata Johnny.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement